Awas! Ikon Ini Bikin Iphone Eror

Ikon lingkaran hitam yang membuat Iphone eroro (Youtube)
13 Mei 2018 07:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Ponsel pintar menjadi kebutuhan primer bagi kaum urban di zaman modern. Hampir setiap orang selalu memegang smartphone di segala kesempatan. Bahkan, gadget seolah menjadi benda yang terpisahkan dari kehidupan. Tak heran, kebanyakan orang panik saat ponsel pintar tiba-tiba eror.

Selain penggunaan yang terlalu sering, smartphone bisa erorkarena emoticons yang dipakai dalam aplikasi pesan online, seperti Whatsapp. Kesalahan pemakaian emoticons dalam Whatsapp bisa membuat gadget eror. Seperti penggunaan ikon black dot of death alias gambar lingkaran hitam. Ikon tersebut akan membuat ponsel pintar, khususnya Iphone, hang. Mengapa demikian?

Dikutip dari Huffington Post, Sabtu (12/5/2018), gambar lingkaran hitam itu akan membuat kinerja ponsel berhenti selama beberapa menit. Ikon tersebut akan menurunkan kinerja ponsel, khususnya Iphone X dan Iphone 8, karena mengandung banyak karakter yang memberi tekanan besar pada CPU.

Ikon lingkaran hitam yang disebut juga sebagai tombol kematian sulit dikirim karena kinerja ponsel melemah. Jika Anda mendapat kiriman pesan ini, jangan pernah mengeklik gambar lingkaran itu jika tidak mau ponsel eror.

Pihak Iphone kini tengah melakukan perbaikan sistem guna menanggulangi kerusakan parah akibat ikon lingkaran hitam itu. Mereka mengimbau kepada pengguna Iphone untuk berhati-hati dan tidak asal mencoba mengirimkan atau mengeklik ikon tersebut.

Diberitakan sebelumnya, gambar lingkaran hitam dalam pesan itu merepresentasikan format kode pemrogaman. Jadi, ada ribuan karakter berupa huruf, angka, dan simbol, yang terkandung di dalamnya. Jika diklik, kode tersebut akan membebani kinerja Whatsapp yang membuatnya berhenti selama beberapa saat. Sebab, Whatsapp dipaksa menayangkan ribuan karakter secepat mungkin yang akhirnya membuat kinerja aplikasi tersebut terganggu. Dalam kondisi terburuk, kinerja ponsel akan melemah hingga akhirnya tidak bisa dipakai.