Drone Jadi Sarana Pengantar Makanan Sahur

Ilustrasi drone (Youtube)
15 Mei 2018 07:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Bulan Ramadan sudah di depan mata. Tinggal beberapa hari lagi umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa. Puasa di bulan Ramadan adalah momen yang paling ditunggu. Guna menyambut kehadiran bulan suci, berbagai layanan unik diluncurkan, termasuk drone yang siap mengantarkan makanan saat sahur.

Drone pengantar makanan sahur ini dipakai oleh pemerintah Dubai, Uni Emirat Arab, untuk menyukseskan program Their Suhour is On Us selama bulan Ramadan. Drone bakal mengantarkan makanan sahur ke sejumlah masjid yang berada di Kota Dubai.

Dikutip dari Al Arabiya, Senin (14/5/2018), sekitar 700 sukarelawan siap berpartisipasi dalam kegiatan Their Suhour is On Us tersebut. Kegiatan yang diinisiasi oleh Dewan Pengembangan Pemuda dan Masyarakat (CDA) ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian serta kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.

Ada sekitar 32.000 paket makanan yang bakal dibagikan untuk para buruh di Kota Dubai, Uni Emirat Arab, selama bulan Ramadan. Satu paket seberat 1,1 kilogram itu berisi berbagai makanan guna menjaga stamina para buruh yang berpuasa untuk bekerja sepanjang hari.

"Kami pastikan makanan yang dibagikan lengkap. Satu paket itu isinya makanan utama, buah, camilan, kurma, susu, dan air. Makanan itu tentu akan menjaga stamina para buruh yang bekerja selama berpuasa," kata Ahmed Julfar, Direktur CDA seperti dilansir Khaleej Times.

Pembagian makanan gratis bukanlah hal baru di Dubai. Pada 2017 lalu, sekitar 53.000 paket makanan dibagikan kepada para buruh setelah salat tarawih sepanjang bulan Ramadan. Namun, kali ini pihak CDA memilih membagikan makanan di waktu sahur, karena sudah banyak pihak yang mengadakan buka puasa gratis.