Gmail Tambahkan Fitur Pengingat

Ilustrasi penggunaan Gmail (Youtube)
16 Mei 2018 07:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Layanan surat elektronik dari Google, Gmail, terus mengalami pembaruan. Baru-baru ini, Gmail menambahkan sejumlah fitur baru yang membantu kinerja pengguna. Salah satu fitur terbaru yang ditambahkan bernama nudges atau pengingat. Fitur ini membantu mengingatkan pengguna untuk membalas e-mail lama yang belum dibalas.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (15/5/2018), Gmail akan menampilkan notifikasi khusus berwarna oranye di samping subjek e-mail yang belum direspons. Adapun tulisan pada notifikasi tersebut seperti, "diterima tiga hari lalu, balas sekarang?" Adanya fitur baru ini diharapkan dapat membantu mengingatkan pengguna memberikan balasan terhadap suatu pesan penting yang mungkin terlewat.

Menurut Google, fitur baru dari Gmail ini memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang diharapkan membantu pengguna. "Dengan begini, Gmail akan mencolek pengguna untuk membalas e-mail yang mungkin terlewat. Pengguna juga diingatkan untuk melakukan follow up terhadap surat elektronik yang dikirimkan," demikian pernyataan dari Google.

Fitur nudges ini akan diaktifkan secara otomatis di semua akun Gmail. Fitur ini rencananya dirilis dalam beberapa hari ke depan. Tapi, jika dirasa mengganggu, Anda bisa menonaktifkan fitur tersebut melalui menu pengaturan. Hilangkan tanda centang di dua kotak bagian nudges. Kedua kotak itu berfungsi mengaktifkan fitur pengingat.