Youtube Music, Layanan Musik Pesaing Spotify

Ilustrasi Youtube Music (Forbes)
19 Mei 2018 00:10 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Industri layanan musik streaming semakin ramai. Saat ini, publik mungkin hanya tahu Spotify yang menyediakan layanan musik streaming. Namun, tak lama lagi Spotify bakal memiliki penantang baru dari platform Youtube yang diberi nama Youtube Music.

Dilansir Forbes, Kamis (17/5/2018), Youtube Music adalah layanan musik streaming dari Youtube. Layanan baru yang rencananya diluncurkan pada 22 Mei 2018 ini memiliki beberapa fitur tambahan, seperti playlist yang disusun berdasarkan history pengguna. Fitur ini bisa dinikmati dalam dua layanan, yakni gratis dan berbayar.

Layanan Youtube Music premium tentu memiliki performa lebih baik daripada yang gratisan. Pengguna yang telah berlangganan bisa menikmati layanan ini tanpa terganggu oleh iklan. Pengguna bakal dikenai biaya berlangganan sekitar US$10 atau sekitar Rp141.000 setiap bulan untuk menikmati layanan Youtube Music Premium.

Salah satu keunggulan Youtube Music Premium adalah kemampuan memanfaatkan informasi tanpa batas yang diketahui Google tentang seseorang. Kebiasaan pengguna memanfaatkan layanan Google bisa menjadi rujukan guna meningkatkan kepuasan mendengarkan musik. Hal ini memungkinkan pengguna mendapat rekomendasi yang lebih tepat untuk mendengarkan lagu berdasarkan waktu, lokasi, dan selera.

Selain itu, unsur visual di Youtube Music Premium bakal lebih kuat. Kabarnya, ada sejumlah elemen visual yang ciamik untuk meningkatkan kepuasanpelanggan. Youtube Music ini dikabarkan bakal menyatu dengan Google Play Music. Jadi, kemungkinan Google akan menghilangkan layanan musik tersebut secara bertahap dan menggantinya dengan Youtube Music.