Asteroid Sebesar Lapangan Sepak Bola Bergerak Dekati Bumi

Ilustrasi asteroid. (Istimewa)
20 Mei 2018 13:45 WIB Jafar Sodiq Assegaf Teknologi Share :

Solopos.com, WASHINGTON - Sebuah Asteroid sebesar lapangan sepak bola diketahui tengah mendekati bumi. Menurut NASA, asteroid ini akan menjadi yang paling dekat dengan bumi dengan ukuran dalam hampir 300 tahun.

Asteroid yang diberi nama 2010 WC9 ini pertama kali pernah terdeteksi pada 30 November 2010, oleh Catalina Sky Survey di Arizona. Para astronom saat itu terus mengawasinya hingga suatu waktu menjadi redup untuk dipantau.

Para astronom juga tidak bisa memprediksi kapan akan kembali karena kurangnya pengamatan pada orbitnya. Setelah hampir delapan tahun, para astronom menemukan asteroid yang diketahui sebagai WC9 2010 kembali lagi dalam pengamatan.

Menurut peneliti Jet Prpulsion Laboratory of NASA, seperti dikutip dari Tech Times flyby 2010 WC9 akan menjadi yang paling dekat dari asteroid ukurannya dalam hampir 300 tahun. Bahkan benda angkasa ini pernah terpantau sangat dekat dengan bumi dengan jarak 126 ribu mil.

Dibandingkan dengan asteroid lainnya, WC9 2010 bukan yang besar tetapi kemungkinannya lebih besar dari meteor Chelyabinsk, yang awalnya diperkirakan mencapai 65 kaki panjangnya. Meteor Chelyabinsk, bagaimanapun, melukai lebih dari seribu orang di Rusia, menghancurkan kaca di seluruh kota.

WC9 2010 yang mungkin lebih besar dari meteor Chelyabinsk, apakah ada bahaya yang signifikan terhadap Bumi? Astronom percaya bahwa meskipun ukuran dan jarak ke Bumi, 2010 WC9 akan dengan aman membolak melewati planet ini.

Asteroid 2010 WC9 tidak akan cukup terang untuk dapat dilihat oleh mata manusia karena terbang melewati Bumi, tetapi akan diambil oleh teleskop amatir yang menunjuk ke arah yang benar pada waktu yang tepat.

Tokopedia