Daftar Password Paling Gampang Diretas

Ilustrasi login aplikasi (Pictagram)
24 Mei 2018 16:30 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Maraknya kejahatan di dunia maya membuat banyak orang was-was. Apalagi setelah kasus penyalahgunaan data pelanggan Facebook meledak April 2018 lalu. Sejumlah perusahaan penyedia layanan media sosial meminta pelanggan mengganti kata sandi (password) demi keamanan.

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan perusahaan penyedia aplikasi password, Dashlane, merilis daftar kata sandi yang rentan diretas sepanjang 2017. Hasil penelitian itu menyebut lebih dari 61 juta kata sandi mudah diretas. Adapun kata sandi yang sangat mudah diretas tersusun dari huruf alfabet dan angka secara berurutan.

"Kebanyakan manusia sulit menghafalkan password yang memiliki susunan kompleks. Oleh sebab itu, mereka memilih memakai password yang mudah dihafal dan cukup familiar. Padahal, pemilihan password yang demikian sangat berbahaya karena rentan diretas," kata seorang peneliti dari Virginia Tec, Gang Wang, seperti dilansir Mirror, kamis (24/5/2018).

Adapun password yang rentan diretas menurut Gang Wang adalah qwerti, 123456, serta password kombinasi 112w3e4r. Selain itu, kata sandi dengan kata bernada agresif dan vulgar seperti iloveyou, dan ihateyou ternyata juga mudah diretas.

Kata sandi dengan nama merek, film, maupun media sosial yang populer seperti myspace, playboy, superman, cocacola, dan pokemon, juga sering dibobol orang tak bertanggung jawab. Peretas juga sangat mudah membobol akun dengan kata sandi nama klub sepak bola favorit, Chelsea, Liverpool, dan lain sebagainya.

Nah, mulai sekarang pakailah kata sandi unik di setiap akun agar tidak mudah disalahgunakan pihak lain. Buat kata sandi unik minimal delapan karakter. Hindari penggunaan kata sandi yang mudah ditebak. Terakhir, jangan pernah menggunakan Wi-Fi saat hendak log in ke suatu akun.