Taruh Ponsel di Jok Motor Bisa Meledak? Ini Penjelasannya

Ilustrasi ponsel meledak (towerfast.com)
28 Mei 2018 18:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Sepeda motor zaman sekarang biasa dilengkapi dengan bagasi kecil. Barang-barang seperti kaus, dompet, hingga ponsel kerap disimpan di bagasi yang berada di bawah jok tersebut. Khusus untuk menyimpan ponsel di jok sepeda motor, benarkah hal itu berbahaya karena bisa memicu ledakan?

Pertanyaan itu muncul setelah muncul kabar hoaks yang menyebut ada sepeda motor meledak di bagian jok karena di bawahnya disimpan sebuah ponsel. Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Senin (28/5/2018), kabar hoaks ponsel meledak di jok itu mulai beredar pada Mei 2017, namun kembali beredar Mei 2018.

Untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai bahaya atau tidaknya ponsel saat disimpan di jok sepeda motor, Solopos.com menghimpun informasi dari beberapa pakar. Dikutip dari Liputan6.com, Senin, Senior Manager Technical Training Departement PT Astra Honda Motor (AHM), Handy Hariko, lebih cenderung melihat masalah ada di ponsel.

“Wah, mestinya masalah di ponselnya, gelombang yang dikeluarkan seperti apa dan tergantung ponselnya juga. Saya rasa tidak masalah menyimpan ponsel di boks motor,” terang Handy.

Menurut Handy harus diteliti terlebih dahulu terkait penyebab ponsel meledak. Harus diketahui kondisi ponsel sesaat sebelum meledak, apakah terpapar panas yang tinggi? Atau ada hubungan pendek arus listrik.

Beda pakar, beda pula pendapatnya, dilansir Okezone.com,Pengamat Multimedia, Heru Sutadi, menyatakan ponsel memang tak boleh diperlakukan sembarangan. Apalagi terkena panas berlebih.

“Dalam komponen ponsel ada baterai dan baterai tak bisa diperlakukan sembarangan. Ingat kasus Galaxy Note 7 yang meledak akibat baterai? Jangan sampai komponen itu terkena panas berlebih,” jelas Heru.

Heru menyimpulkan kondisi panas bisa memicu bahaya, apalagi di boks motor letaknya di dekat tanki bensin dan ada juga air aki yang mengatur kelistrikan sepeda motor.

“Kalau terkena panas berlebih bisa meledak, karena berpotensi bahaya, Dengan adanya pemicu lain seperti aki dan bensin tentunya bisa memberikan efek lebih besar,” tandas Heru.