S.P.L. Sorensen Hiasi Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

Google Doodle S.P.L. Sorensen (google)
29 Mei 2018 08:10 WIB Newswire Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Google rutin memperingati hari penting dunia. Tokoh-tokoh yang dianggap memberikan kontribusi besar bagi pengetahuan pun ditampilkan. Pada Selasa (29/5/2018) hari ini, Google Doodle menampilkan sosok S.P.L. Sorensen. Siapa dia?

Sebagaimana dilansir Suara.com dari First Post, S.P.L. Sørensen merupakan ahli biokimia Denmark, yang mendirikan sistem skala pH yang merupakan skala untuk mengukur keasaman dan alkalinitas. Pria kelahiran 9 Januari 1868 di Havrebjerg di Denmark ini memiliki nama lengkap Søren Peder Lauritz Sørensen.

Dia sempat bekerja di Laboratorium Carlsberg di Kopenhagen dari tahun 1901 hingga 1938. Konsep nilai pH diperkenalkan pada tahun 1909 untuk mengekspresikan keasaman.

Menurut Sejarah Sains, konteks untuk memperkenalkan konsep pH bergerak menjauh dari tes perubahan warna untuk menunjukkan tingkat keasaman dan alkalinitas ke metode elektrik untuk memperolehnya. Dalam metode listrik, "arus yang dihasilkan dalam sel elektrokimia oleh ion bermigrasi ke elektroda yang dibebankan secara berlawanan diukur, menggunakan galvanometer yang sangat sensitif (dan halus)." Sampai Sorensen mengembangkan skala pH yang dengan mudah menyatakan konsentrasi ion hidrogen.

Anda bisa mencoba doodle yang terdiri dari gim animasi sederhana, yang menunjukkan item makanan atau zat lain, dan Anda harus mengurutkannya sesuai dengan nilai pH-nya. Sekarang skala pH mengukur seberapa asam atau basa suatu zat dan ia bergerak dari nilai 0-14.

Jika skala pH kurang dari 7, maka substansi bersifat asam, jika lebih dari 7 maka substansi bersifat basa. Nilai pH 7 berarti zat tersebut netral. Umumnya, air memiliki nilai pH 7 karena tidak bersifat asam atau basa.

Pada Google  Doodle, Anda disajikan dengan tomat, telur, brokoli, lemon, larutan sabun, baterai dan harus klik salah satu panah yang akan mengurutkannya di kedua sisi skala pH. Tebakan yang benar akan mengurutkan zat dan juga akan menunjukkan nilai pH zat tersebut.

Jika Anda salah, Sørensen akan menggeleng-gelengkan kepalanya meminta Anda untuk mencoba lagi. Setelah memilah enam zat, mereka semua bernyawa lagi dan membuat logo Google.

Belum jelas alasan doodle khusus ini ditempatkan di halaman beranda Google pada hari ini. Karena tanggal ini tidak bertepatan dengan kelahiran atau kematian Sørensen, yang pada umumnya doodle selalu berkaitan dengan hal pribadi yang menyangkut dengan tokoh bersangkutan.

Sumber : Suara.com