Xbox Punya Kontroler untuk Penyandang Disabilitas

Xbox Adaptive Controller. (Istimewa)
30 Mei 2018 05:45 WIB Jafar Sodiq Assegaf Teknologi Share :

Solopos.com, NEW YORK - Microsoft meluncurkan stik Xbox baru yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan para penyandang disabiltas bernama Xbox Adaptive Controller, demikian dilansir The Guardian akhir pekan lalu. Dengan perangkat ini Microsoft ingin membantu para penyandang disabilitas, yang biasanya membutuhkan solusi khusus berharga ribuan dolar, untuk lebih lebih mudah bermain game.

"Menurut kami stik Xbox biasa sudah tergolong canggih di industri, tetapi kami berpikir lagi bahwa perangkat itu tak dapat diakses oleh pemain dengan mobilitas terbatas," ucap Gabi Michel, senior Xbox hardware programme manager.

Stik ini memiliki dua tombol besar pada permukaan yang dapat dioperasikan dengan tangan, siku, atau bahkan kaki. Ia dirancang agar bisa diletakkan di pangkuan pemain, di atas meja, atau di lantai.

Fitur utamanya adalah deretan lubang koneksi yang bisa disambungkan di sepanjang bagian belakang pad dan mewakili masing-masing input serta tombol pada pengontrol. Dengan 19 lubang koneksi ini pemain dapat memasukkan berbagai perangkat tambahan seperti pedal kaki, bantalan yang sensitif akan sentuhan, dan produk aksesibilitas lain yang sudah tersedia atau telah dikembangkan secara khusus.

Dikembangkan pada 2015 silam, stik nirkabel ini didukung oleh baterai internal dengan koneksi USB-C. Microsoft bekerja sama dengan Warfighter Engaged, badan amal yang berusaha untuk merehabilitasi veteran militer yang cacat, untuk merancang pengontrol yang dapat disesuaikan dan memenuhi berbagai kebutuhan tetapi masih memiliki kualitas sama seperti pengontrol pada umumnya.

Stik ini dapat dihubungkan ke Xbox One atau komputer bersistem Windows 10 melalui bluetooth. Nantinya, para pemain game juga dapat menghubungkan perangkat pihak ketiga mereka ke 19 port input dengan ukuran 3,5 mm tersebut dengan dua port USB.

Rencananya stik Xbox ini akan dibanderol dengan harga 100 dolar Amerika Serikat dan akan dijual di seluruh Microsoft store. Sejauh ini belum ada tanggal pasti peluncurannya, namun kemungkinan besar Xbox akan mengumumkannya dalam ajang E3 2018 pada 13 Juni mendatang.

Tokopedia