Smartphone Bakal Dilengkapi Hidung Elektronik

Ilustrasi pemakaian smartphone (Cnbc.com)
30 Mei 2018 16:45 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Kemajuan teknologi smartphone yang semakin pesat menghadirkan berbagai macam fitur ciamik. Baru-baru ini, muncul fitur terbaru berupa hidung elektronik yang diberi nama smelldect. Fitur ini diklaim mampu mencium berbagai macam aroma layaknya hidung manusia yang dipasang di smartphone.

Teknologi hidung elektronik alias smelldect itu dikembangkan oleh peneliti dari Karlsruhe Institute of Technology (KIT). Martin Sommer, pemimpin penelitian itu mengatakan hidung elektronik tersebut nantinya memiliki fungsi yang mirip dengan hidung manusia.

"Hidung elektronik ini bakal memiliki fungsi mirip dengan hidung manusia. Nano fibers yang dipakai untuk membuat hidung ini bakal bereaksi terhadap gas. Ia menghasilkan pola sinyal untuk mengidentifikasi aroma tertentu yang bisa dibaca oleh smartphone," jelas Martin Sommer seperti dikutip dari Digital Trends, Rabu (30/5/2018).

Hidung elektronik di smartphone memiliki ukuran yang sangat kecil. Namun, kemampuannya tak perlu diragukan lagi. Tapi, para peneliti menghadapi kesulitan dalam mengembangkan alat tersebut karena aroma yang sering berubah.

"Satu hal yang menjadi kesulitan kami adalah menentukan aroma. Sebab, faktanya aroma tidak selalu sama. Misalnya, aroma mawar di musim panas dan musim hujan jelas berbeda. Kini, kami tengah melatih hidung elektronik untuk penggunaan tertentu yang bisa dipilih secara universal," tutpup Martin Sommer.

 

Tokopedia