Facebook Bakal Hapus Fitur Trending Topic

Ilustrasi Facebook (Time.com)
05 Juni 2018 00:10 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Tersebarnya berita bohong menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan media sosial. Tak dapat dimungkiri, media sosial merupakan corong utama persebaran hoaks. Guna mengatasi hal tersebut, Facebook berencana menghapus fitur topik terpopuler alis trending topic.

Rencana penghapusan fitur trending topic disampaikan langsung Kepala Divisi berita Facebook, Alex Hardiman. Selama ini, Alex Hardiman menemukan banyaknya konten tidak bermanfaat yang tersebar luas di Facebook dan menimbulkan keresahan.

"Kami melihat perubahan pada cara orang mengonsumsi berita melalui Facebook. Kini, mereka beralih menggunakan telepon seluler dan lebih suka menyimak informasi dalam bentuk video. Oleh sebab itu, saat ini kami sedang menjajaki cara baru untuk membantu pengguna mendapatkan informasi yang benar-benar penting," terang Alex Hardiman seperti dikutip dari Tech Crunch, Senin (4/6/2018).

Alex Hardiman menambahkan, Facebook ingin memastikan berita yang dibaca netizen berasal dari sumber terpercaya dan berkualitas. Facebook bakal mengganti trending topic dengan fitur lain yang menjadi indikator berita terkini di beranda.

Fitur trending topic selama ini berfungsi memuat berita terpopuler di Facebook. Fitur itu menyumbang sekitar 1,5 persen klik ke situs penyedia berita. Jadi, itulah sebabnya Facebook menjadi salah satu corong untuk menyebarkan berita untuk mengjangkau khalayak luas. Namun, kini fitur trending topic bakal dihapus. Sebagai gantinya, Facebook bakal menguji coba cara baru untuk menampilkan berita dengan label breaking news dan berita hari ini yang diisi berita dari media lokal.

 

Tokopedia