Bos Apple Bantah Pakai Data Pelanggan Facebook

CEO Apple, Tim Cook. (Fortune.com)
08 Juni 2018 10:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – CEO Apple, Tim Cook, membantah perusahaannya memiliki akses data pelanggan Facebook. Tim Cook menegaskan pihaknya tidak pernah memiliki kesepakatan penggunaan data pelanggan dengan Facebook.

"Kami bukan perusahaan yang berbisnis data," ungkap Tim Cook seperti dilansir CNBC, Rabu (6/6/2018).

Pernyataan itu sekaligus menjadi jawaban atas laporan The New York Times soal kerja sama berbagi data dengan 60 vendor ponsel pintar seperti Apple, Blackberry, Huawei, Samsung, dan beberapa lainnya. Alih-alih bekerja sama dengan Facebook, Tim Cook menyebut model bisnis Apple bergantung pada penjualan produk.

"Laporan dalam artikel tersebut terasa aneh bagi kami. Sebab, kami tidak pernah menerima bahkan meminta data apapun. Kami menjalankan bisnis yang berbeda dengan Facebook. Model bisnis Facebook yakni mendapat keuntungan dari menargetkan iklan kepada pengguna berdasarkan data pribadi. Sementara kami bergantung pada penjualan produk dan layanan," kata Tim Cook.

Tim Cook menambahkan, data pelanggan adalah sebuah rahasia yang harus dijaga rapat-rapat. Menurutnya, kasus kebocoran data pelanggan Facebook sangat mengerikan. "Privasi pengguna kian tak terkendali. Saya rasa banyak orang yang belum sadar kalau kehidupan mereka diawasi. Jadi, mereka dengan mudah membagikan data pribadi yang tidak semestinya diketahui pihak lain. Oleh sebab itu, kami melengkapi setiap produk dengan sistem keamanan yang kuat untuk melindungi data pengguna," tutup Tim Cook.