Facebook Punya Fitur Video Baru untuk Saingi Youtube

Ilustrasi video Facebook (Rappler.com)
21 Juni 2018 03:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Facebook terus memperbaiki layanan dengan menghadirkan sederet fitur terbaru untuk mengembalikan kepercayaan pelanggan. Kali ini, mereka bersiap menghadirkan fitur video baru yang diklaim bakal menyaingi Youtube. Jadi, setiap konten kreator video bisa mendapatkan lebih banyak uang dari video yang diunggah di Facebook.

Dikutip dari CNBC, Rabu (20/6/2018), Facebook menawarkan dua cara kepada pengguna yang ingin mendapatkan penghasilan lebih dari video. Cara pertama yakni dengan mencari iklan lewat program Watch. Sedangkan cara kedua adalah hasil kerja sama sponsor lewat program Brand Collabs Manager.

Facebook Watch biasanya dipakai di acara berdurasi panjang yang dibuat oleh media massa, rumah produksi, maupun bintang media sosial. Tayangan ini bisa diberi jeda iklan. Pendapatan dari iklan ini nantinya bakal dibagi antara Facebook dengan si pembuat konten.

Facebook memperbolehkan pengguna membuat jeda iklan yang lebih lama dengan menawarkan biaya berlangganan sekitar Rp70.500. Dengan berlangganan, maka seorang pengguna akan mendapatkan konten video eksklusif dari kreator.

Fitur terbaru dari Facebook ini bakal membuat persaingan dengan Youtube semakin sengit. Sebab, kedua platform ini tengah bersemangat mengiklankan bisnis iklan berharga fantastis dari televisi global. Namun, sampai saat ini fitur video baru dari Facebook masih berada dalam tahap uji coba.

Facebook tidak memotong biaya kemitraan apa pun selama masa pengujian ini. Vice President Facebook, Fidji Simo, meminta kreator memproduksi video terbaik untuk disuguhkan kepada penggemar. Dia dan perusahaannya bakal mencoba menjual produk pihak ketiga melalui video itu.