Facebook Uji Coba Fitur Grup Berbayar

Lambang Facebook (Theverge.com)
23 Juni 2018 05:10 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Facebook meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengambil keuntungan dari anggota komunitas. Fitur ini disediakan khusus bagi pengelola grup Facebook, agar bisa mendapatkan keuntungan lebih.

Dikutip dari The Verge, Jumat (22/6/2018), fitur baru bernama subscription group ini dirilis karena banyaknya permintaan dari pengelola grup Facebook. Keuntungan yang dihasilkan ini diharapkan dapat membantu memperkuat hubungan dengan anggota grup.

Mulai saat ini, Facebook membiarkan pengelola grup menerapkan biaya sekitar Rp70.000 sampai Rp422.000 bagi anggota. Jadi, pengguna Facebook yang ingin bergabung dengan grup tertentu bisa mendaftar dan mengatur layanan berlangganan melalui ponsel.

"Subscription group dibuat untuk mempermudah pengelola grup memberikan konten kepada anggota," demikian pernyataan resmi dari Facebook.

Fitur baru ini tengah diuji coba oleh sejumlah grup. Jika percobaan ini mendapatkan hasil yang bagus, Facebook bakal meningkatkan kualitasnya. Fitur uji coba ini baru diberikan ke grup Facebook khusus soal persiapan kuliah. Sifatnya yang masih sementara membuat Facebook belum mematok biaya berlangganan.

Sebelumnya, grup Facebook selalu gratis tanpa dipungut biaya apapun. Namun, adanya fitur grup berbayar ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan membuat anggota merasa lebih nyaman. Pihak Facebook berharap pengelola grup meluangkan banyak waktu untuk mengembangkan halaman. Dengan begini, anggota komunitas bakal merasa lebih istimewa.