Facebook Bakal Punya Fitur Pengawas Durasi Bersosial Media

Ilustrasi Facebook. (Reuters)
26 Juni 2018 01:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Teknologi Share :

Solopos.com, NEW YORK - Facebook dikabarkan sedang membuat fitur untuk mengawasi waktu yang dihabiskan pengguna di jejaring sosial mereka, langkah yang sedang digalakkan oleh banyak perusahaan teknologi dunia. Kabar ini mencuat melalui pengakuan seorang teknisi bernama Jane Manchun Wong.

Dilanis TechCrunch, Minggu (24/6/2018), Wong sebelumnya mengungkap fitur-fitur baru Instagram dari hasil menggali kode-kode yang ada di program tersebut. Fitur ini, diberi nama “Your Time on Facebook”, berisi informasi berapa lama pengguna menghabiskan waktu di platform media sosial tersebut, baik dari komputer maupun ponsel.

Facebook akan menampilkan durasi penggunaan tiap hari selama sepekan terakhir, juga rerata waktu yang dihabiskan di Facebook per hari. Facebook juga menawarkan opsi pembatasan durasi dan pengaturan notifikasi.

Kepada TechCrunch, Facebook membenarkan sedang mengembangkan fitur tersebut, namun, belum memberi tahu kapan akan diluncurkan untuk semua pengguna. Program pembatasan waktu ini sudah lebih dulu dilakukan oleh Apple dan Google beberapa waktu lalu.

Program kesehatan digital ini digalakkan agar konsumen tidak membuang waktu mereka di dunia maya dan agar dapat memanfaatkan gawai dan internet untuk menunjang hidup atau pekerjaan mereka.