Siap-Siap, Planet Mars Bakal Lebih Dekat ke Bumi

Ilustrasi Mars. (NASA.gov)
03 Juli 2018 05:10 WIB Newswire Teknologi Share :

Solopos.com, NEW YORK - Mars akan berjarak sangat dekat dengan bumi, sejak 2003, juga paling terang sejak tahun tersebut. Planet merah ini akan mencapai orbit yang disebut "oposisi", jika dilihat dari langit Bumi, Mars akan berada tepat di seberang Matahari.

Dijelaskan lama Space.com, Senin (2/7/2018), Bumi dan Mars  mengitari Matahari dalam jarak yang berbeda. Bumi mengitari Matahari lebih cepat dibandingkan Mars karena letaknya yang lebih dekat. Sekali dalam (sekitar) dua tahun, Bumi, Mars, dan Matahari membentuk satu garis lurus, disebut oposisi.

Tahun ini oposisi akan berlangsung pada 27 Juli, sementara Mars akan berjarak sangat dekat dengan Bumi pada 31 Juli pukul 07.50. Mars akan terang benderang di langit ketika berjarak dekat dengan bumi, NASA memperkirakan tahun ini jaraknya 57,6 juta kilometer. Pada 2003 lalu jarak Bumi-Mars terbentang 56 juta kilometer.

Saat ini, Mars akan terlihat pada malam hari di langit sebelah tenggara. Akhir bulan ini Matahari akan terbenam lebih awal jadi akan jauh lebih mudah melihat Mars pada saat itu.

Menariknya, pada akhir bulan ini, momen Mars berada terdekat dengan Bumi beriringan dengan Gerhana Bulan Total atau blood moon terlama pada abad ke-21.

Pada 27 Juli nanti, blood moon akan berlangsung sekitar 1 jam 43 menit di wilayah Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan dan Samudera Hindia. Fase parsial gerhana yaitu saat Bulan berada pada bayangan Bumi akan terjadi sekitar 4 jam lamanya.

Tokopedia

Sumber : Antara