Facebook: Kami Bukan Perusahaan Media

Ilustrasi penggunaan Facebook (The Cheat Sheet)
04 Juli 2018 07:10 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Facebook menegaskan posisinya sebagai perusahaan pengembang media sosial yang bersifat netral. Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini secara tegas menolak asumsi sejumlah pihak yang menilai mereka sebagai penerbit dan perusahaan media.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam sidang di Calofornias's Redwood City, Kalifornia, Amerika Serikat, Senin (2/7/2018). Dilansir The Guardian, sidang tersebut merupakan lanjutan dari gugatan perusahaan  start up Six4Three kepada Facebook. Six4Three mengajukan kepada Facebook atas aplikasi bernama Piknis yang dilayangkan sejak 2015 lalu.

Piknis merupakan aplikasi Iphone yang memungkinkan pengguna menemukan foto berbikini dari orang lain yang diunggah melalui Facebook di galeerinya. Dalam gugatan itu, Six4Three menuduh Facebook  telah melacak pengguna tanpa persetujuan untuk mengeksploitasi foto dan lokasi di mana foto seksi tersebut diambil.

Six4Three menuding perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg melakukan kecurangan dengan memanfaatkan data pribadi pengguna untuk menyingkirkan pesaing bisnis. Namun, dengan tegas Facebook membantah tuduhan tersebut. Mereka berpendapat keputusan tentang hal itu sesuai dengan kebijakan privasi perusahaan. Kala itu mereka menyebut berada di posisi sebagai penerbit.

"Semua konten yang dipublikasikan harus dilindungi sesuai dengan kebijakan perusahaan. Kami adalah penerbit yang harus melindungi semua konten," demikian pernyataan Facebook dalam sidang pada 2015 lalu.