Google Izinkan Mitranya Akses Gmail Pelanggan

Logo Gmail (Theverge.com)
04 Juli 2018 06:10 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Bagi Anda yang memakai layanan surat elektronik dari Google Mail wajib tahu bahwa isi pesan bisa dibaca oleh pihak ketiga. Hal ini terjadi lantaran pengembang dan perusahaan data memang diizinkan melihat e-mail pengguna dan berbagai detial lain seperti alamat penerima, waktu penerima, dan isi pesan secara menyeluruh.

Dilansir The Verge, Selasa (3/7/2018), setelan akses Google Mail memang memberikan izin penuh kepada pihak ketiga untuk mengakses hampir seluruh data pengguna. Meski demikian, sampai saat ini belum ada bukti penyalahgunaan pihak ketiga yang ikut melihat data pengguna Google Mail. Namun, kemampuan untuk mengakses data pribadi ini bisa disebut sebagai kegiatan melanggar privasi.

Tapi, dalam pernyataannya pihak Google menerangkan hanya memberikan data secara global kepada pihak ketiga dengan izin pengguna. Jadi, Google bakal melakukan seleksi terlebih dahulu terhadap perusahaan yang ingin bermitra dan menjadi pihak ketiga. Sampai saat ini, ada banyak perusahaan yang mengajukan permohonan akses Google Mail. Namun, pihak Google perlu banyak waktu untuk memberikan izin tersebut agar tidak merugikan pelanggan.

"Kami akan melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum memberikan izin kepada pihak ketiga untuk mengakses Gmail. Kami bakal berusaha semaksimal mungkin agar tidak merugikan pelanggan," demikian pernyataan dari pihak Google.