Startup Kita: 3 Cara Dapatkan Rp1 Miliar Pertama dari Bisnis Digital

Ilustrasi startup (Dok)
04 Juli 2018 10:30 WIB ndonesia Start Up Founder (IDSF) Solo Teknologi Share :

StartupKita merupakan hasil kerja sama Solopos.com dengan Indonesia Start Up Founder (IDSF) Chapter Solo. IDSF Solo merupakan komunitas yang beranggotakan pegiat start up di wilayah Soloraya. Coworking space di Kota Solo.

Solopos.com, SOLO -- Era digital tengah kita masuki. Pada era digital ini kita bisa bertegur sapa walau jarak memisahkan kita. Dan inilah yang memunculkan bisnis digital di era sekarang, tanpa bertemupun transaksi antara penjual dan calon pembeli bisa terjadi. Yang terpenting tidak ada yag dirugikan diawal agar kepercayaan itu bisa terjadi. Jadi sudah jelas apa yang dibeli oleh calon pembeli kita.  Pertanyannya apakah bisa kita di era digital ini membangun bisnis tanpa bertemu langsung dan mendapatkan keuntungan Rp1 miliar pertama kita?

Inilah tiga cara untuk mendapatka Rp1 miliar pertama Anda dari bisnis digital:

Petakan dulu potensi pasar yg bisa kita kerjakan, apakah bisnis yang akan kita kerjakan tersebut berpotensi atau tidak, bisa dilihat dari seberapa banyak kebutuhan orang mengenai hal tersebut, misalnya orang butuh desain untuk content desain, branding, social media dsb, berarti produk atau layanan yang berkaitan dengan desain berpotensi untuk dijadikan lahan bisnis digital anda.

Setelah dipetakan, kita harus mencari model bisnis yang tepat untuk bisnis digital kita, jika ingin mendapatkan 1 milyar pertama anda. Membuat sistem untuk bisnis digital adalah hal yang wajib. Nantinya untuk model bisnis yang cocok untuk anda seperti apa agar bisa membangun sistem yang tepat dibisnis digital Anda. Setelah artikel ini akan saya jelaskan mengenai model bisnis yang sesuai dengan bisnis yang akan anda bangun.

Cara ketiga ini yang menurut saya cukup seru,  anda bisa membuat target berapa orang yang harus membeli produk Anda agar Anda bisa mendapatkan uang Rp1miliar. Misalnya: Anda bisa membuat sebuah bisnis digital berbasis layanan, yang mengharuskan  200 orang membayar Rp425.000/bulan selama setahun kepada Anda. Anda bisa menjual produk digital senilai Rp1 juta kepada 1.000 orang, Anda bisa mencari 2.000 orang yang membutuhkn layanan Anda yang mau membayar Rp42.000/bulan selama setahun.

Dengan tiga cara di atas, Anda sudah memiliki pondasi awal untuk mendapatkan Rp1 miliar pertama Anda. Tinggal sekarang giliran Anda, apakah Anda hanya ingin berdiam diri saja atau Anda akan segera action, pilihan ada di tangan Anda sekarang.

Ditulis oleh : Bashid H. Purnomo, Pengurus ID StartupFounder Nasional (startupfounder.id ), Executive partner di micro.web.id , Pendiri studio desain Oemahsemar, email : bashidheryp@gmail.com

 

 

Tokopedia