Iphone 8 Ponsel Paling Laris di Dunia

Ilustrasi Iphone 8 (Cnet.com)
06 Juli 2018 17:10 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Persaingan di pasar smartphone semakin ketat. Setiap perusahaan berusaha meluncurkan produk terbaik guna memenuhi keinginan pasar. Pada 2018 ini smartphone yang laku keras di pasaran adalah keluaran Apple, yakni Iphone 8.

Dilansir Apple Insider, Kamis (5/7/2018), riset Counterpoint menunjukkan penjualan Iphone 8 lebih baik dari saudaranya, Iphone X. Penjualan Iphone 8 bahkan melampaui flagship terbaru Samsung, Galaxy S9 Plus dan Galaxy S9. Adapun lima ponsel dengan penjualan tertinggi di dunia sepanjang 2018 adalah Iphone 8, Samsung Galaxy S9 Plus, Iphone X, Xiaomi Redmi 5A, dan Iphone 8 Plus.

"Produk keluaran Apple mendapatkan hasil penjualan terbaik di pasar smartphone global. Adapun jawaranya adalah Iphone 8," demikian bunyi pernyataan yang dirilis lembaga riset Counterpoint.

Riset yang dikeluarkan Counterpoint diambil dari pengamatan hasil penjualan berdasarkan tipe ponsel, bukan merek. Seperti diketahui, Apple hanya memiliki sedikit tipe ponsel ketimbang produsen lainnya. Pada 2017 lalu, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat hanya merilis tiga tipe ponsel saja. Sementara vendor lainnya bisa merilis hingga lima tipe ponsel dalam satu tahun.

Counterpoint menilai promosi kuat untuk fitur kamera menjelang Piala Dunia 2018 mendongkrak penjualan Iphone 8 di pasar Eropa. Sementara penjualan Iphone 8 di Amerika Serikat tetap stabil. Peningkatan penjualan Iphone di pasar Eropa menjadikan penjualan produk Samsung menurun. Namun, penjualan produk smartphone asal Korea Selatan ini tetap stabil di Amerika Serikat.

Sedangkan ponsel keluaran Xiaomi laku keras di Tiongkok dan India. Ponsel Xiaomi dengan penjualan terbaik adalah tipe Xiaomi 5A dan Xiaomi 5 Plus. Perusahaan ini disebut memiliki pendekatan yang baik untuk pasar ponsel kelas menengah hingga premium.