3 Negara Eropa Blokir Situs Wikipedia

Ilustrasi situs Wikipedia (Youtube)
06 Juli 2018 18:01 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Laman ensiklopedia Wikipedia ditutup di tiga negara Eropa, Italia, Spanyol, dan Polandia. sejak Rabu (4/7/2018). Wikipedia ditutup sebagai protes terhadap pemilihan umum (pemilu) Parlemen Eropa yang akan datang. Ketiga negara itu melakukan aksi protes tersebut untuk menegakkan hukum soal hak cipta informasi yang diperoleh secara online.

Dilansir Business Insider, Jumat (6/7/2018), emerintah Spanyol, Italia, dan Polandia, tidak sepakat pemilu digelar jika ensiklopedia online, Wikipedia, itu dipakai sebagai rujukan. Mereka keberatan atas munculnya peraturan undang-undang Uni Eropa terbaru yang memuat soal hukum hak cipta online. Sementara di beberapa negara Eropa lainnya, seperti Inggris, Wikipedia menerbitkan spanduk berisi desakan agar netizen menentang peraturan tersebut.

Wikipedia menjadi salah satu situs paling banyak dikunjungi di Internet dengan urutan kelima di dunia berdasarkan data dari Alexa. Wikipedia menjadi penentang keras proposal Uni Eropa yang ingin mengatur hak cipta di pasar tunggal digital. Mereka menyebut aturan itu menjadi ancaman serius yang mematikan.

Ada dua hal yang ditentang Wikipedia dalam usulan aturan terbaru yang hendak diterbitkan Uni Eropa. Pertama soal kritik online dan yang kedua adalah mewajibkan situs menaati undang-undang hak cipta. Artinya, pengelola Wikipedia harus memeriksa semua konten yang diunggah pengguna untuk memastikan kebenaran informasi. Aturan ini juga mengharuskan adanya sistem pemeriksaan hak cipta otomatis yang dipasang di setiap perusahaan. Padahal, sistem seperti ini menjadi hal yang memicu kontroversi di perusahaan media sosial Youtube.

Pemberlakuan undang-undang hak cipta tersebut juga bakal membatasi materi berupa meme atau artikel lainnya. Aturan ini hanya berlaku bagi pengelola situs berbayar. Sementara perusahaan ensiklopedia online non-profit bisa menyebarluaskan berbagai informasi tanpa perlu khawatir terhadap aturan apapun.