Canggih! Alat Ini Mampu Deteksi Bau Badan

Alat pendeteksi bau badan (Odditycentral.com)
08 Juli 2018 05:10 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Bau badan adalah masalah terbesar bagi banyak orang. Bau badan yang menyengat itu tentu akan mengganggu orang lain dan tak jarang membuat seseorang dikucilkan. Namun, seringkali seseorang tidak menyadari jika bau badannya mengganggu orang lain. Hal ini akhirnya menjadi inspirasi terciptanya alat pendeteksi bau badan.

Alat pendeteksi bau badan itu tengah menjadi perbincangan hangat di Jepang. Alat yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Jepang bernama Tanita ini berfungsi mengukur bau badan dengan skala 1-10. Kehadiran gadget pendeteksi bau badan ini merupakan perkembangan dari alat sejenis yang dipakai mengukur bau mulut.

Dilansir Oddity Central, Sabtu (7/7/2018), alat pendetaksi bau badan yang diberi nama Tanita ES-100 sangat mudah dipakai. Anda hanya perlu mengarahkan sensor yang ada pada alat tersebut ke bagian tubuh yang berkeringat, seperti ketiak.

Alat itu hanya butuh waktu selama 10 detik untuk menunjukkan skala bau badan seseorang. Skala 1-4 berarti bau badan Anda masih bisa diterima. Skala 5-9 menunjukkan bau badan tersebut cukup mengganggu. Terakhir, skala 10 berarti bau badan sangat menyengat.

Selain bau badan, Tanita ES-100 juga bisa dipakai mendeteksi sebarapa tajam aroma parfum. Jadi, alat ini bisa dipakai mengukur takaran tepat parfum yang disemprotkan ke tubuh. Alat ini sangat populer di kalangan pria Jepang. Alat yang dijual mulai 1 Juli 2018 itu laris manis di pasaran.

Menariknya, Tanita ES-100 bukan satu-satunya alat yang dipakai untuk mendeteksi bau badan. Pada 2017 lalu, perusahaan Next Technology meluncurkan robot mainan bernama Hana Chan yang bakal pingsan ketika mencium bau badan menyengat.