Hasil Penelitian: Iphone Simbol Kekayaan

Iphone (Ndtv.com)
10 Juli 2018 04:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Ponsel keluaran Apple memang seringkali dipasarkan dengan harga selangit. Seperti Iphone X misalnya yang dirilis pada 2017 dengan harga selangit mengalahkan kompetitor lainnya. Meski demikian, ponsel keluaran Apple tetap saja menjadi primadona dan laris manis di pasaran seperti Iphone 8 yang paling laku di dunia.

Bukan tanpa alasan, larisnya smartphone keluaran Apple itu disebabkan oleh cara pandang yang unik. Kebanyakan orang sepakat ponsel Iphone merupakan simbol kekayaan. Lihat saja, kebanyakan orang kaya biasanya memilih Iphone sebagai gadget untuk membantu pekerjaan atau hanya sekadar gaya.

Dikutip dari Mashable, Snein (9/7/2018), hasil penelitian yang dilakukan tim dari University of Chicago dan National Bureau of Economic Research, Amerika Serikatpada Juni 2018 lalu menemukan, kebanyakan pemilik Iphone adalah orang yang berpenghasilan tinggi. Penelitian itu menyebut kebanyakan orang di Amerika Serikat yang membeli produk Apple dianggap kaya. Padahal, tidak semua pengguna Iphone berasal dari golongan orang berada.

Marianne Bertrand dan Emir Kamenica yang melakukan riset tersebut mengambil sampel dari 6.394 orang Amerika Serikat. Riset ini dilakukan dengan cara memberikan kuisioner sekaligus mewawancarai informan secara langsung. Hasilnya, sekitar 69 persen pemilik Iphone dalam riset itu diketahui memiliki penghasilan tinggi.

"Riset yang kami lakukan sepanjang 2016 menunjukkan kebanyakan pemilik Iphone adalah orang kaya," tutur kedua peneliti tersebut.

Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa kepemilikan Iphone berkaitan erat dengan pandangan soal tingkat ekonomi seseorang. Namun, tipe posel Iphone tidak bisa dipakai sebagai penanda kekayaan pengguna. Lembaga riset Newzoo mencatat sebagian besar pengguna Iphone masih bertahan dengan tipe lama, seperti Iphone 6S, Iphone 7, hingga Iphone 4.