Startup Kita: Bisnis Faktor Kali Cara Cepat Raih Rp1 Miliar

Ilustrasi startup kita (Flaticon.com)
11 Juli 2018 22:10 WIB IDSF Solo Teknologi Share :

StartupKita merupakan hasil kerja sama Solopos.com dengan Indonesia Start Up Founder (IDSF) Chapter Solo. IDSF Solo merupakan komunitas yang beranggotakan pegiat start up di wilayah Soloraya. 

Solopos.com, SOLO -- Bisakah kita mendapatkan Rp1 miliar dari bisnis digital? Di artikel sebelumnya telah diulas tiga cara mendapatkan Rp1 miliar pertama dari bisnis digital. Di artikel kali ini akan dibahas poin kedua mengenai model bisnis.

Nah model bisnis yang menurut saya berpotensi mempercepat mendapatkan Rp1 miliar pertama Anda adalah model bisnis dengan faktor kali. Ketika Anda memiliki bisnis digital yang menggunakan model bisnis dengan faktor kali di dalamnya, maka Anda sudah satu langkah menuju Rp1 miliar pertama Anda, kok bisa?

Berikut penjelasan rincinya dari studi kasusnya Mas Heri.

1.  Studi kasus: Mas Heri seorang content designer telah melakukan survei potensi industri di Indonesia, ternyata dia menemukan ada kebutuhan desain yang cukup besar di kalangan UMKM dan para penggiat sosmed, tetapi mereka belum tahu tools dan cara efektif untuk membuat desain itu seperti apa.

2. Solusi: Mas Heri kemudian mencari di internet dan terinspirasi pada artikel startupkita yang dipublikasikan di Solopos.com mengenai tiga cara mendapatkan uang Rp1 miliat pertama Anda. Dan singkat kata Mas Heri mendapatkan ide membuat sebuah produk digital berupa Ebook mengenai cara membuat desain yang simple dan efisien memakai salah satu tool di website. Mas heri berpikir, dengan membuat 1 ebook yang bisa dijual ke ribuan orang, maka dia akan lebih cepat dalam mendapatkan Rp1 miliar pertamanya.

3.  Hitungan Rp1 miliar pertama dari Mas Heri: Mas Heri berpikir akan membuat Ebook tersebut secara berseri setiap bulannya. Mas Heri berniat menjual Ebooknya senilai Rp50.000/Ebook.

Berikut hitungan untuk Mas Heri dengan menggunakan faktor kalinya:

A. Mas Heri bisa menjual ebook Rp50.000 ke 2.000 orang setiap bulan selama 10 bulan untuk mendapatkan Rp1 miliarpertamanya, berarti Mas Heri harus membuat 10 seri Ebook untuk sampai ke angka Rp1 miliar pertamanya dan menjual ke 2.000 orang setiap bulannya.

B. Atau Mas Heri bisa menjual Ebook seharga Rp50.000 ke 4.000 orang setiap bulan selama 4 bulan untuk mendapatkan Rp1 miliar pertamanya, berarti Mas Heri harus membuat 4 seri Ebook mengenai desain untuk sampai ke angka Rp1 miliar pertamanya menjual ke 4.000 orang setiap bulannya.

Pertanyaannya, apakah Mas Heri bisa mendapatkan Rp1 miliar pertamanya?

Jawabannya tergantung 3 hal ini:
1. Kualitas Ebook dari Mas Heri.
2. Bagaimana cara marketing Mas Heri.
3. Bagaimana kedekatan Mas Heri dengan Sang Penciptanya (seperti ibadahnya).

Itulah tadi contoh singkat model bisnis faktor kali, itu baru satu peluang usaha, yaitu pembuatan Ebook. Saya masih punya 7 peluang usaha lainnya yang berpotensi juga untuk meraup pundi–pundi uang, yang nantinya akan saya share di artikel selanjutnya.

Yang terpenting setelah dibaca jangan lupa praktekkan, ide tanpa action itu tidak akan bernilai apa-apa.

Ditulis oleh : Bashid H. Purnomo, Pengurus ID StartupFounder Nasional (startupfounder.id ), Executive partner di micro.web.id , Pendiri studio desain Oemahsemar, email : bashidheryp@gmail.com

 

Tokopedia