Waspada! Ini Bahaya Sidik Jari di Keyboard dan Layar Ponsel

Ilustrasi sidik jari (Pictagram)
14 Juli 2018 00:10 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Sidik jari tentu menempel di semua benda yang disentuh, khususnya gadget. Namun, banyak orang yang tidak peduli dengan sidik jari tersebut dan membiarkannya begitu saja. Padahal, sidik jari yang tertinggal di layar smartphone maupun keyboard komputer bisa menjadi petaka.

Hasil penelitian terbaru yang dilakukan tim dari University of California, Amerika Serikat, mengatakan, sidik jari yang menempel di layar ponsel dan keybord komputer bisa dilihat dengan bantuan lensa thermal. Sidik jari itu akan terlihat jelas saat keyboard maupun layar smartphone masih panas.

Dikutip dari Mirror, Jumat (13/7/2018), sidik jari itu bisa dimanfaatkan oleh peretas. Gene Tsudik, pemimpin penelitian tersebut, mengatakan, pemanfaatan sidik jari yang tertinggal di layar smartphone maupun keyboard komputer menjadi modus penipuan baru yang dilakukan sejumlah hacker.

"Para hacker bisa memanfaatkan sidik jari itu untuk mengetahui password dari jarak jauh. Cara ini biasanya dilakukan di tempat umum, seperti restoran, perpustakaan, dan kafe. Mreka memanfaatkan kamera thermal dan mengintip keyboard korban. Nah, sebaiknya hindari mengetik password apapun di komputer maupun ponsel saat berada di kerumunan," terang Gene Tsudik.

Gene Tsudik menyebut tindak kecurangan itu dengan istilah thermanator. Cara itu juga bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk mengintip kode pin di tombol mesin ATM. Cara kerja peretasan semacam itu sangat mudah dilakukan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami hal tersebut.

Guna mengetahui password calon korban, hacker biasanya menempatkan kamera thermal kecil dalam posisi terbalik untuk mengintip. Hacker bakal merekm dan mengetahui gerakan panas dari bekas sidik jari korban. Cara ini telah diuji coba terhadap 31 orang yang terlibat dalam penelitian. Hasilnya, kamera thermal mampu merekam panas bekas sidik jari dari 31 orang itu hanya dalam waktu 30 detik.