4 Penyebab Baterai Smartphone Terkuras

Ilustrasi mengisi daya baterai ponsel (Pictagram)
17 Juli 2018 10:30 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Baterai merupakan komponen penting bagi ponsel pintar. Namun, penggunaan smartphone yang berlebihan seringkali menguras daya baterai. Meski sudah mengeluarkan gadget dengan daya baterai jumbo, nyatanya masih banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan daya baterai cepat habis.

Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab daya baterai ponsel cepat habis? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Tech Advisor, Senin (16/7/2018), di bawah ini:

Charger rusak

Mengisi daya betarai dengan charger yang rusak jelas tidak boleh dilakukan. Cara ini akan membuat baterai cepat rusak. Charger yang rusak dapat memengaruhi kualitas baterai ponsel. Selain itu, hindari mengisi daya baterai ponsel dengan charger keluaran merek lain. Cara ini sangat sering dilakukan, padahal memengaruhi kondisi ponsel.

Layar ponsel terlalu cerah

Kecerahan layar ponsel juga perlu diperhatikan. Layar ponsel yang disetel terlalu cerah bakal menguras daya baterai lebih cepat. Namun, jangan sampai layar ponsel terlalu redup karena akan merusak penglihatan.

Terlalu banyak widget

Widget yang dipasang di layar utama sebenarnya memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi. Namun, jika jumlahnya terlalu banyak justru bakal menguras baterai ponsel. Sebainya kurangi atau hapus semua widget untuk menghemat baterai.

Waktu siaga layar terlalu lama

Layar ponsel merupakan komponen utama yang sangat menguras baterai. Layar yang terlalu lama menyala lebih banyak mengonsumsi baterai. Sebaiknya, aturlah waktu siaga layar yang tidak terlalu lama, yakni sekitar 15-30 detik.