4 Penyebab Smartphone Lemot

Ilustrasi smartphone eror (The Droid Guy)
18 Juli 2018 09:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Performa ponsel pintar yang dipakai setiap hari bakal menurun seiring berjalannya waktu. Smartphone biasanya masih bisa berfungsi dengan baik sekitar dua sampai tiga tahun. Namun, biasanya performa ponsel biasanya menurun meski belum genap dua tahun dipakai. Salah satu cirinya adalah ponsel melambat dan sering tidak merespons ketika digunakan.

Penurunan performa smartphone ini terjadi akibat penggunaan yang sembarangan. Jika ingin ponsel panjang umur, maka Anda harus merawatnya dengan baik. Setidaknya ada empat hal yang menyebabkan performa smartphone menurun. Apa saja? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Tech Advisor, Selasa (17/7/2018), di bawah ini:

Tokopedia

Terlalu banyak install aplikasi

Pengguna smartphone seringkali mengunduh aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu penting. Aplikasi itu dibiarkan menumpuk dan berjalan dengan leluasa di latar belakang. Padahal, ponsel pintar memiliki kapasitas terbatas untuk menjalankan aplikasi. Jadi, ada baiknya Anda memasang aplikasi yang benar-benar penting saja agar tidak mengganggu kinerja ponsel.

Memori penuh

Kapasitas memori internal bakal berkurang seiring banyaknya file yang tersimpan di ponsel pintar. Itulah sebabnya smartphone dibekali slot untuk memasukkan microSD. Kartu memori eksternal itu sebaiknya dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai data seperti video, foto, dokumen, maupun lagu yang diunduh.

Jika kinerja ponsel pintar mulai melambat, coba lihat di bagian ruang penyimpanan Internet. Apabila kapasitas ruang penyimpanan penuh, segera hapus data yang tidak perlu. Anda juga bisa mengosongkan langsung ruang penyimpanan dengan cara menekan tombol factory reset.

Pembaruan sistem operasi

Notifikasi pembaruan sistem operasi biasanya diberikan secara berkala. Ada kalanya pembaruan ini dapat meningkatkan kinerja ponsel. Namun, jika tidak tuntas pembaruan ini malah menjadi sumber masalah bagi kinerja ponsel. Hal inilah yang menjadi penyebab kinerja ponsel melambat, khususnya pada smartphone dengan memori dan RAM rendah.

Baterai rusak

Baterai rusak juga menjadi penyebab performa smartphone menurun. Baterai ponsel umumnya hanya awet dalam waktu dua tahun dengan pemakaian normal. Setelahnya, baterai ponsel bakal bocor dan cepat habis. Oleh sebab itu, rawat baterai ponsel dengan baik. Jangan mengisi baterai semalaman apalagi mengisi daya ponsel telah habis.