Elon Musk Ejek Penyelamat Korban Gua Thailand, Saham Tesla Anjlok

Elon Musk (Reuters/Shannon Stapleton)
18 Juli 2018 12:00 WIB Newswire Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO - Elon Musk menarik perhatian warganet beberapa hari ini. Pendiri Tesla tersebut menyindir salah satu penyelamat korban yang terjebak di gua Chiang Rai, Thailand.

Dalam cuitannya di Twitter yang kini sudah dihapus, Elon Musk menyindir pria bernama Vernon Unsworth dengan julukan “pedo guy” (pria pedofil).

Tokopedia

Tak ada alasan pasti mengapa Elon Musk bisa menyampaikan pernyataan tersebut, apalagi Unsworth tidak pernah tersandung kasus pedofil.

Sindiran Elon Musk menjadi bumerang baginya dan perusahaan yang ia kembangkan, Tesla. Menurut informasi yang dilansir Liputan6 dari CNBC, Selasa (17/7/2018), akibat pernyataan Elon Musk tersebut, saham perusahaan Tesla sampai merosot hingga 3 persen pada Senin (16/7/2018).

Padahal, perusahaan produsen mobil listrik ini tengah berupaya untuk menyelesaikan banyak hal, salah satunya seperti memperbanyak produksi yang tidak pernah memenuhi target penjualan.

Analis Kelly Blue Book Rebecca Lindland, menyayangkan kejadian ini. Menurutnya, sebagai seorang pimpinan perusahaan besar, Elon Musk seharusnya menjaga omongan, terlebih di media sosial.

Seperti diwartakan sebelumnya, misi penyelamatan korban gua bawah tanah di Chiang Rai, Thailand, berjalan dengan lancar.

Awalnya, korban hendak diselamatkan oleh kapal selam mini yang dikirim langsung oleh Elon Musk. Namun, rencana Musk mengirim kapal selam tersebut kandas di tengah jalan.

Sebagai gantinya, aksi penyelamatan dilakukan oleh penyelam profesional asal Inggris bernama Vernon Unsworth.

Pria yang sudah tinggal bertahun-tahun di Thailand ini berhasil mengeluarkan 12 remaja dan satu orang dewasa yang merupakan tim sepak bola asal Thailand.

Sayangnya, Elon Musk justru mengkritik apa yang dilakukan Unsworth. Dalam sebuah cuitan yang kini sudah dihapus, Elon Musk menyebut upaya Unsworth merupakan sebuah "settingan".

“Tahu kan, silakan saja tayangkan video [aksi penyelamatannya]. Kami akan tetap mencoba menciptakan kapal selam ini. Maaf pria pedofil, kamu toh memintanya juga," ucap Elon Musk dalam cuitannya.

Cuitan Elon Musk ini ternyata memicu reaksi negatif warganet. Kebanyakan malah mengecam dirinya karena telah menghina Unsworth dengan melontarkan kata pedo alias "pedofil". Padahal, Unsworth tidak pernah sama sekali tersandung kasus pedofil.