Instagram Perketat Autentikasi Dua Faktor

Ilustrasi Instagram. (Istimewa)
19 Juli 2018 02:45 WIB Jafar Sodiq Assegaf Teknologi Share :

Solopos.com, NEW YORK - Instagram dikabarkan sedang memperketat verifikasi ganda  mereka, atau autentikasi dua faktor agar pengguna tidak lagi memerlukan nomor ponsel untuk mendapatkan kode.

Dilansir The Verge, Rabu (18/7/2018), Instagram membenarkan mereka sedang mengembangkan cara yang lebih aman untuk masuk ke platform mereka. Saat ini Instagram menggunakan metode mengirim kode angka ke nomor ponsel yang terdaftar untuk masuk ke perangkat baru atau memulihkan akun.

Tokopedia

Hasil investigasi yang dimuat di laman Motherboard menunjukkan terdapat pencuri online yang mendapatkan akses secara ilegal ke nomor ponsel seseorang, lalu memasangnya ke kartu SIM baru.

Mereka memanfaatkan cara ini untuk mengelabui layanan pelanggan penyedia jaringan seluler untuk mengeluarkan kartu SIM baru. Setelah itu, peretas akan menyalahgunakannya untuk memeras atau mengambil keuntungan dari akun media sosial korban.

Raksasa teknologi sudah mengembangkan perangkat untuk mengantisipasi kelemahan verifikasi yang memanfaatkan SMS ini, Google memakai aplikasi Authenticator yang akan memberikan kode numerik secara acak dalam waktu yang terbatas. Facebook juga menggunakan perangkat yang mirip untuk aplikasi mereka.