Startup Kita: 7 Peluang Bisnis Digital Raih Rp1 Miliar

Ilustrasi startup Kita (Flaticon.com)
21 Juli 2018 10:30 WIB IDSF Solo Teknologi Share :

StartupKita merupakan hasil kerja sama Solopos.com dengan Indonesia Start Up Founder (IDSF) Chapter Solo. IDSF Solo merupakan komunitas yang beranggotakan pegiat start up di wilayah Soloraya. 


Solopos.com, SOLO -- Pada dua artikel sebelumnya Startup Kita telah membahas peluang mendapatkan Rp1 miliar pertama dari bisnis digital. Artikel kali ini, saya mengulas tujuh peluang bisnis digital untuk bisa mendapatkan Rp1 miliar pertama Anda.

Dalam bisnis digital sebenarnya ada empat hal umum untuk menjalankannya. Keempatnya yakni laptop dan smartphone, bisnis digital memerlukan kedua benda tersebut.. Kedua internet, karena bisnis digital bisa menjangkau seluruh Indonesia bahkan dunia, jadi koneksi internet mutlak diperlukan.

Ketiga memiliki relasi, hal ini penting di era digital untuk perkembangan bisnis dan terakhir niat. Apapun yang kita jalankan harus dilakukan dengan niat, ketika sudah ada niat berbisnis, pasti kita akan mencari jalan bagaimana bisnis digital bisa berkembang. Salah satunya jalannya dengan upgrade ilmu.

Keempat hal itu sangat menunjang bisnis digital. Langkah berikutnya yakni menentukan bisnis apa yang akan kita jalankan. Berikut tujuh peluang bisnis digital:

1. Membuat Dan Menjual Produk Informasi
Langkah dalam membuat produk informasi seperti berikut ini :

Menentukan keahlian apa yang anda kuasai, misal Anda jago dalam bela diri. Anda hafal betul trik dan tips bela diri yang bisa dipelajari dalam waktu singkat Menemukan permasalahan terbesar yang berkaitan dengan bidang tersebut. Misalnya : Si Heri pengen belajar beladiri yang praktis dan dapat dikuasai dalam waktu singkat. Tapi Heri tidak ada waktu untuk les.

Membuat solusi atas permasalahan tersebut, anda bisa membuat solusi atas permasalahan yang dialami Heri tersebut, Kemudian anda berinisiatif membuat tutorial mengenai bela diri yang praktis dan dapat dikuasai dalam waktu singkat. Tutorial tersebut bisa berbentuk e book, video dan sebagaimnya.

Tips dari saya, anda bisa membuat versi trialnya dulu kok , kemudian jika mereka mau berlangganan, baru deh anda menjual yang full versionnya. Anda bisa menjualnya lewat website atau social media yang anda miliki.

2. Membuat Dan Menjual Template Atau Plugin Untuk Website
Jika Anda memiliki keahlian dibidang programming, kenapa tidak mencoba membuat template atau plugin. Kebutuhan mengenai template dan plugin ini cukup tinggi. Anda bisa menjualnya di marketplace online khusus produk digital. Untuk plugin bisa dijual ke codecanyon.net. Untuk template bisa dijual ke themeforest.net.

Di sana sudah banyak para programmer yang sukses dengan template dan plugin yang di beli banyak orang. Anda hanya tinggal memberikan support ketika nantinya template dan plugin yang anda buat ada masalah. Selebihnya, biarkan system di marketplace tersebut yang bekerja. Gimana tertarik ?

3. Membuat Layanan Social Media Management
Anda menyukai dunia social media? Kenapa tidak mencoba membuat layanan social media management. Target mengenai peluang bisnis digital yang satu ini kebanyakan dari para pelaku usaha, yang kerepotan dalam merawat akun bisnisnya. Nah di sini anda bisa memberikan support social media management ke akun bisnis mereka, mulai dari pembuatan content, upload content, dan laporan mingguan.

Tips dari saya, agar mereka mau berlangganan tiap bulan, Anda harus bisa menemukan strategi yang pas, supaya akun dari pihak yang memakai layanan anda bisa lebih baik dari sebelumnya.

4. Membuat Dan Menjual Stock Desain Grafis
Desain merupakan komponen yang tidak bisa dilepaskan dari dunia digital. Jika anda tidak tertarik membuat layanan desain , anda bisa mencoba peluang bisnis digital yang satu ini. Anda bisa menjual template yang sudah anda buat dari photoshop dan illustrator seperti template power point yang peminatnya cukup tinggi, atau berupa desain icon.

Beberapa website untuk menjual stock desain grafis anda: Creativemarket.com, Graphicriver.net, Iconfinder.com (jika anda mau jual stock icon bisa disini). Sudah saatnya karya para desainer seperti anda dihargai dengan layak.

5. Menjual Foto Berlisensi
Peluang bisnis digital yang satu ini sangat cocok bagi anda yang suka fotografi. Misalnya ada seorang content creator sebut saja si Heri, dia ingin mempercantik contentnya, Heri tidak punya skill fotografi, kalau nyewa fotografer juga nanggung karena hanya membutuhkan beberapa gambar saja. Jadi lewat stock foto tersebut, Heri bisa membeli lisensi dari foto anda. Dan dapat menggunakan pada contentnya.

Masalah dari Heri terselesaikan dan anda mendapatkan fee dari lisensi foto anda tersebut. Tentunya masih banyak Heri Heri lainnya didunia ini yang memiliki masalah serupa. Peluang bisnis yang menarik bukan? Silahkan kunjungi web ini untuk menjual foto berlisensi anda, istockphoto.com dan shutterstock.com

6. Membuat Komunitas Online Dengan Keanggotaan Premium
Peluang bisnis digital yang satu ini cocok ketika anda telah memiliki masa banyak, alias memiliki komunitas online yang anggotanya sudah ribuan. Misalnya Anda memiliki komunitas digital marketing. Anda bisa menerapkan keanggotaan premium, kepada mereka yang membutuhkan content yang lebih detail (content premium) dari content yang selama ini dishare.

Salah satu kesuksesan dari peluang bisnis yang satu ini adalah ketika para anggotanya berlangganan tiap bulan atau tiap tahun, tergantung dari model bisnis yang anda terapkan. Inilah asyiknya memiliki ribuan anggota komunitas online…

Untuk membuat system member premium, anda bisa menggunakan website dengan template wordpress dan menambahkan plugin member, ada yang berbayar (member.wishlistproduct.com) ataupun yang gratis ( s2member.com)

7. Membuat Game Mobile
Sudah pernah mencoba game COC atau yang sedang hangat –hangatnya yaitu Mobile Legend?  Tapi jangan hanya jadi konsumen saja, tapi cobalah menjadi creator. Dengan jutaan pengguna seperti itu, peluang besar bagi creator game untuk meraup pundi – pundi uang.
Jika anda ingin membuat game, maka anda bisa memulai dari game yang sederhana, atau anda bisa membeli template game dan tinggal mengganti alur ceritanya. Untuk mendapatkan aplikasi yg bisa dicustom, berikut websitenya Codecanyoon.net (terjangkau), dan chubmobile.com (agak mahal).

Lalu caranya dapat uang gimana ?
Cara yang paling sederhana dengan memberikan iklan admobs pada game buatan anda tersebut.  Tapi Jika uang dari iklan menurut anda kurang menantang, anda bisa membuat aplikasi game mobile yang menjual asset seperti di game –game yang sedang hangat sekarang.

Menurut pandangan saya, game yang banyak penggunanya adalah game yang bisa dimainkan dengan banyak orang, gameplay atau alur permainannya menarik. Satu keresahan saya mengenai game mobile, anda harus berhati-hati, jangan sampai membuat sesuatu yang malah menjadi orang malas dan turun produktivitasnya. Ini tantangan bagi para creator game seperti anda.

Itulah tadi 4 peluang bisnis digital yang bisa anda coba. Nah Penggabungan faktor kali dalam bisnis digital yang telah dijelaskan pada artikel terdahulu, antara produk berkualitas yang anda hasilkan dan seberapa banyak orang yang membeli produk tersebut, dapat mewujudkan Rp1 miliar pertama anda. Intinya segera action. Sampai jumpa.

 Ditulis oleh : Bashid H. Purnomo, Pengurus ID StartupFounder Nasional (startupfounder.id ), Executive partner di micro.web.id , Pendiri studio desain Oemahsemar, email : bashidheryp@gmail.com