Transformasi Kamera Selfie dari Poni Sampai Titik

Model depan Iphone X (Youtube)
26 Juli 2018 06:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Ponsel Iphone X yang dirilis 2017 lalu menjadi inspirasi bagi berbagai vendor smartphone. Sejumlah vendor ponsel pintar terkemuka beramai-ramai meniru model notch alias bingkai layar yang menjorok ke bagian dalam di sisi atas yang menyerupai poni.

Desain ponsel layar poni semakin marak dengan kemunculannya di kelas menengah ke bawah. Desain terbaru yang mungkin dianggap menganggu itu sebenarnya sangat diperlukan sebagai tempat kamera depan dan earpiece.

Tapi, vendor smartphone terkemuka Tiongkok, Oppo, justru menyingkirkan notch tersebut dalam ponsel terbaru yang diproduksi. Oppo menyembunyikan kamera depan dan belakang melalui teknologi mutakhir yang disebut Stealth 3D Camera di ponsel terbaru Find X. Kamera depan dan beralang Oppo Find X tersimpan dalam tempat khusus yang akan masuk ke dalam bodi ponsel saat tidak dipakai.

Dikutip dari Standard, Rabu (25/7/2018), Oppo bukanlah vendor pertama yang menghilangkan poni dari layar smartphone. Sebelumnya, vendor asal Negeri Tirai Bambu, Vivo, telah lebih dulu menggunakan teknologi seperti Oppo Find X di ponsel seri Nex. Bedanya, Nex hanya menyembunyikan letak kamera depan. Sementara kamera belakangnya tetap dibiarkan di punggung ponsel.

Produsen smartphone memang terus melakukan inovasi khususnya di bagian layar. Dikutip dari Mashable, Huawei tengah menyiapkan perangkat baru dengan layar selebar 6,3 inci tanpa notch maupun modul tersembunyi seperti Oppo Find X. Mereka justru menyiapkan gaya baru berupa titik kecil di bagian atas layar sebagai tempat kamera depan. Bentuknya jauh lebih kecil di bandingkan poni milik Iphone X maupun perangkat Android lainnya.