Youtube Tes Fitur Explore Serupa Instagram

Logo Youtube (Youtube)
26 Juli 2018 22:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Situs berbagi video Youtube semakin diminati pengguna Internet. Tak heran, perusahaan pengembang platform Youtube meningkatkan pelayanan dengan meluncurkan sejumlah fitur terbaru. Kali ini, mereka tengah menguji coba fitur pencarian yang mirip dengan Instagram.

Fitur pencarian terbaru dari Youtube memudahkan pengguna yang mengakses melalui smartphone. Pencarian alias explore Youtube menyuguhkan kolom berisi kumpulan video yang dianggap sesuai dengan selera masing-masing pengguna. Kurasinya berdasarkan video yang disukai dan saluran yang diikui.

Tokopedia

"Kami ingin memudahkan pengguna mencari, menonton, dan membagikan video yang menarik untuk mereka. Sebab, saat ini banyak sekali video baru yang diunggah di Youtube setiap harinya. Kami berharap kolom explore menjadi ruang bagi kreator untuk menemukan khalayak yang tepat," kata perwakilan Youtube seperti dikutip dari Tech Crunch, Kamis (26/7/2018).

Sebagai tahap awal, kolom pencarian itu diluncurkan pada beberapa pengguna aplikasi Youtube di perangkat Ios. Pihak Youtube belum menjelaskan detail kapan fitur tersebut resmi diluncurkan. Namun, mereka menegaskan fitur ini tidak akan menggantikan trending.

Explore dan trending memang sama-sama menyuguhkan video. Bedanya, explore berisi video berdasarkan selera pengguna. Sementara trending memunculkan video berdasarkan selera kolektif dari pengguna Youtube.