Cara Rawat Layar Smartphone Tetap Mulus

Ilustrasi layar smartphone retak (Youtube)
27 Juli 2018 10:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Layar merupakan komponen paling penting pada smartphone. Komponen yang satu ini sangat sensitif dan memiliki risiko kerusakan tertinggi dari lainnya. Letaknya di bagian terluar dan selalu dipakai setiap saat menjadi alasan utama kerusakan layar ponsel.

Semua ponsel pasti pernah terjatuh. Meski terlihat baik-baik saja, Anda tetap harus menjaganya dengan baik agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Ponsel yang sering jatuh biasanya bakal mengalami masalah di bagian layar, baik tergores maupun retak.

Tokopedia

Nah, bagi yang tidak mau layar smartphone tergores wajib melakukan perawatan khusus. Jangan khawatir ribet, cukup lakukan perawatan sederhana untuk menjaga layar smartphone agar tidak cepat tergores. Mau tahu caranya? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Engadget, Kamis (26/7/2018), di bawah ini:

Pakai lapisan pelindung

Sejumlah smartphone biasanya telah dilengkapi dengan pelindung layar yang biasa disebut gorilla glass. Meski dirancang tahan terhadap benda tumpul maupun tajam, pelindung ini tidak sepenuhnya mampu diandalkan melindungi layar dari kerusakan.

Layar yang telah dipasangi gorilla glass biasanya jarang mengalami goresan kasar. Namun, jika diperhatikan detail, maka bakal terlihat goresan halus pada layar tersebut. Nah, guna menghindari hal tersebut tidak ada salahnya memasang pelindung layar tambahan. Pilih pelindung layar yang benar-benar kuat agar ponsel dapat berfungsi dengan baik.

Lap layar ponsel dengan kain lembut

Sesekali bersihkan layar ponsel dengan kain lembut seperti microfiber. Kain ini biasanya dipakai untuk membersihkan lensa kacamata. Namun, biasanya kebanyakan orang memilih mengelap layar ponsel dengan pakaian atau tisu. Padahal, tindakan itu justru bakal menimbulkan goresan halus di layar ponsel.

Hindari mengetik dengan kuku

Terakhir, hindari mengetik menggunakan kuku karena akan menimbulkan goresan halus di layar smartphone. Ponsel layar sentuh dirancang merespons cepat jika disentuh dengan kulit. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan kuku yang justru bakal merusak layar.