Lenovo, Vendor Pertama Rilis Smartphone 5G

Ilustrasi ponsel Lenovo (Pinterest)
01 Agustus 2018 22:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Persaingan meluncurkan smartphone teknologi 5G pertama di dunia semakin memanas. Kali ini, Lenovo sesumbar bakal menjadi vendor pertama yang merilis ponsel pintar teknologi 5G. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Vice President Lenovo, Chang Cheng.

Chang Cheng mengatakan, perusahaannya tengah menyiapkan ponsel pintar teranyar yang memiliki fitur canggih. Ponsel produksi Lenovo itu dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 855 yang mendukung jaringan 5G. Sayang, dia tidak menjelaskan detail spesifikasi ponsel terbaru itu.

Tokopedia

Dikutip dari Tech Radar, Rabu (1/8/2018), ponsel 5G besutan Lenovo itu paling cepat dirilis pada Desember 2018 atau sekitar awal 2019 mendatang. Sebab, sampai saat ini prosesor Qualcomm Snapdragon 855 itu belum resmi dirilis di pasaran. Meski demikian, Chang Cheng menegaskan pernyataannya bukan sekadar omong kosong belaka.

Saat ini, berbagai vendor smartphone dunia tengah berlomba membuat ponsel pintar yang mampu menghadirkan koneksi Internet super cepat dengan jaringan 5G. Samsung, Huawei, dan beberapa perusahaan lain menyatakan kesiapan merilis ponsel 5G pada 2019. Beberapa waktu lalu, Samsung menjanjikan peluncuran perangkat tersebut sekitar awal 2019.

Sama halnya dengan Samsung, Huawei telah berinvestasi besar-besaran demi menjadi pelopor penggunaan jaringan 5G di dunia. Namun, mereka siap merilis ponsel 5G pertama sekitar kuartal ketiga 2019 atau sedikit lebih lambat dibandingkan Samsung.

Sementara itu, penggunaan jaringan 5G bakal dimulai dari Amerika Serikat. Perusahaan AT&T dan Verizon menjadi yang pertama mendukung teknologi 5G. Mereka berencana merilis jaringan 5G di tiga sampai lima wilayah di Amerika Serikat pada 2018. Namun, belum diketahui pasti wilayah mana saja yang bakal menikmati jaringan 5G untuk kali pertama.

Seperti diketahui, jaringan 5G memiliki banyak keunggulan dibanding 4G. Selain kecepatan, jaringan 5G diklaim mampu menghemat daya perangkat yang dipakai. Jaringan ini juga digadang-gadang menjadi tonggak pertumbuhan Internet of Things di dunia.