Reddit Diretas, Pelanggan Diminta Hati-Hati

Co Founder Reddit, Alexis Ohanian (Market Watch)
03 Agustus 2018 15:45 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Perusahaan aplikasi Reddit memperingatkan pengguna untuk berhati-hati karena tengah menghadapi peretas. Namun, mereka tidak mau mengungkapkan sejauh mana peretas itu bertindak. Sebab, sampai saat ini perusahaan masih melakukan penyelidikan untuk mencari tahu apa saja data yang berhasil diakses oleh peretas.

Dilansir Market Watch, Kamis (2/8/2018), aksi hacker itu diketahui sejak 19 Juni 2018 lalu. Sejak saat itu, pihak Reddit terus mengawasi aksi peretas dan meminta pengguna untuk lebih waspada. Mereka menegaskan peretas hanya mampu membaca tanpa mengubah data apapun di dalam situs Reddit.

"Kami telah bekerja sama dengan penegak hukum untuk mengatasi masalah ini. Kami telah mengawasi aksi peretas dan memperingatkan pengguna agar lebih berhati-hati. Kami berusaha semaksimal mungkin mengatasi masalah ini agar insiden serupa tidak terjadi di masa depan," kata Reddit dalam unggahan resminya.

Peretas berhasil mengakses alamat e-mail dan database pengguna sejak 2007. Namun, mereka telah mengatasinya dengan meningkatkan keamanan komputer. Mereka menerapkan upaya otentikasi dua faktor yang memerlukan kata sandi disertai dengan kode. Nantinya, kode tersebut dikirim melalui pesan teks.

Meski demikian, pihak Reddit meminta pengguna tidak terlalu khawatir dengan aksi peretas tersebut. Mereka telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut. "Pengguna tidak perlu khawatir. Kami telah menerapkan otentikasi dua faktor. Cara ini memang memakan banyak waktu. Tapi, cara ini mampu meningkatkan keamanan," sambung pihak Reddit.

Reddit merupakan situs yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat. Situs ini memiliki lebih dari 138.000 komunitas yang biasa berdiskusi tentang berbagai topik. Situs tersebut juga bisa sering dipakai untuk berkomunikasi langsung dengan orang-orang terkenal seperti Bill Gates hingga Barack Obama.

 

Tokopedia