Whatsapp Jadi Tambang Uang Facebook

Ilustrasi Whatsapp (Youtube)
04 Agustus 2018 17:45 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Fitur status Whatsapp mulai populer di kalangan pengguna. Fitur tersebut bisa dipakai untuk mengunggah berbagai aktivitas untuk dipamerkan kepada orang lain. Kini, kabarnya status di Whatsapp bakal disisipi iklan yang menjadi tambang uang perusahaan induknya, Facebook.

Dilansir NDTV, Sabtu (4/8/2018), fitur status Whatsapp yang bakal disisipi iklan ini dirilis pada 2019. Belum diketahui pasti seperti apa iklan yang muncul pada status Whatsapp. "Kami telah melihat dan mempelajari iklan di status Instagram maupun Facebook. Nantinya kami bakal menyisipkan iklan di status Whatsapp," kata Matt idema, Chief Operating Officer Whatsapp.

Tokopedia

Fitur status Whatsapp itu telah dipakai lebih dari 450 juta pengguna dari total 1,5 miliar pelanggan. Fitur tersebut kali pertama muncul di Instagram yang langsung populer hingga diikuti oleh Facebook dan Whatsapp. Kini, Whatsapp tengah menguji fitur iklan tersebut dengan menggandeng sejumlah perusahaan besar.

Whatsapp yang diluncurkan pada 2009 itu bakal memperkenalkan model iklan dengan fungsi informasi kepada pengguna. Pengguna bisa mengirimkan pesan langsung kepada pengiklan melalui Whatsapp. Dari situ, mereka akan menagih sejumlah biaya per pesan yang dikirim pelanggan terhadap perusahaan bersangkutan.

Kabarnya, sudah ada sekitar 100 perusahaan yang mau bekerja sama dengan Whatsapp. Nantinya, selain menggunakan status Whatsapp sebagai sumber pendapatan, perusahaan induknya, Facebook, bakal menggunakan aplikasi Whatsapp Business sebagai modal utama.

Sejak diguncang berbagai kejadian buruk, pendapatan Facebook terus menurun. Facebook telah mengeluarkan banyak uang untuk membeli Whatsapp, yakni sekitar Rp19 triliun. Jadi, kini saatnya mereka menarik kembali investasi yang ditanam di perusahaan tersebut.