Bahaya Genggam Ponsel Terlalu Lama

Ilustrasi penggunaan smartphone (Pictagram)
06 Agustus 2018 20:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Smartphone menjadi perangkat yang paling sering dipakai. Bahkan, ponsel hampir tidak bisa lepas dari genggaman dan aktivitas sehari-hari. Hampir semua aktivitas yang dilakukan setiap hari tak terlepas dari ponsel.

Tanpa disadari, menggunakan smartphone dalam waktu lama berbahaya bagi tubuh. Sejumlah penelitian menyebut bermain gadget dalam waktu lama dapat memicu masalah kulit hingga gangguan tidur.

Seorang dokter dari Australia, James Carter, mengatakan bahwa penggunaan gadget memicu text neck alias nyeri leher. Penyakit ini umumnya dialami anak muda yang menghabiskan waktu lebih dari dua jam untuk bermain ponsel.

"Kurangnya olahraga serta penggunaan gadget yang terlalu lama memicu text neck. Sayang, banyak orang yang kurang menyadari hal ini dan meneruskan kebiasaan buruk dalam mengakses gadget," kata James Carter seperti dikutip dari Digital Spy, Senin (6/8/2018).

Selain itu, bermain gadget juga bakal mengganggu kualitas tidur. Sinar yang keluar dari layar ponsel merusak kualitas tidur yang menyebabkan kulit menjadi kusam. Bahkan, dalam berbagai kasus smartphone mengakibatkan stres. Buktinya, banyak orang mengalami kecemasan saat tidak memegang ponsel. Saat sedang stres, kulit cenderung bakal lebih mudah berjerawat.

Anda juga harus mewaspadai panas yang ditimbulkan smartphone. Suhu panas tersebut menimbulkan flek hitam dan hiperpigmentasi. Kulit akan terlihat kusam dan kurang menarik. Guna menghindari hal tersebut, batasi waktu penggunaan smartphone.

Guna mengurangi dampak buruk ponsel, pasanglah screen guard anti-radiasi. Alat tersebut akan meminimalisir dampak buruk yang ditimbulkan dari radiasi sinar ponsel. Jangan lupa untuk membersihkan layar ponsel secara rutin dengan kain lembut. Terakhir, jauhkan ponsel dari kepala saat tidur agar lebih pulas.