Dilengkapi Teknologi AR, Game Snake Retro Meluncur ke Facebook

Snake Mask dan Snake Real World (HMD Global)
07 Agustus 2018 13:00 WIB Mariyana Ricky Prihatina Dewi Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Satu permainan lawas yang populer dua dekade lalu kembali menambah daftar panjang fitur gaming instan di Facebook. Snake, gim bawaan ponsel Nokia seri 1990-an lahir kembali dengan tampilan jauh berbeda. Snake berinovasi menjadi permainan yang memanfaatkan augmented reality (AR).

Mengutip situs Metro UK, Kamis (2/8/2018), gim yang bertujuan mengulur ekor sepanjang mungkin dengan memakan pil-pil kecil itu diramu sedemikian rupa menyesuaikan era narsisme media sosial.

Tokopedia

Versi inovatif Snake menggunakan AR memungkinkan pengguna benar-benar menjadi pahlawan eponymous gim. Cara bermain gim ini adalah dengan menggunakan lensa kamera depan pada fitur Kamera Facebook dan pengguna siap menjadi sang ular. Pengguna dapat melihat diri sendiri berubah menjadi ular menggunakan filter gaya Snapchat, sebelum menjelajahi dunia nyata dan menangkap apel yang dihamparkan pada realitas menggunakan AR.

Pemain juga dapat melakukan streaming semua tindakan kejar mengejar apel pada linimasa mereka. Pimpinan Marketing dan Wakil Presiden Eksekutif HMD Global, Pekka Rantala, mengatakan, permainan itu terbukti masih berada di hati publik saat mereka mengumumkan rencana meluncurkan Snake for Facebook Messenger pada 2017. Hal itulah yang membuat HMD Global antusias melepas versi AR-nya tahun ini.

“Gim Snake versi anyar dirancang untuk generasi sosial baru; pengguna dapat mengundang teman untuk bermain dan berbagi skor sehingga membuatnya lebih mudah dimainkan daripada putaran pertama. Ini adalah kali pertama dalam sejarah Snake karena dapat dimainkan ke saluran universal, bukannya perangkat pramuat. Kami memperoleh 121 juta pemain di seluruh dunia,” kata dia.

Rantala mengatakan untuk mempublikasikan gim tersebut, Nokia merekrut Youtuber Matt Keck. Keck merilis videonya memainkan Snake pada videonya yang berjudul I'm a Snake. Video itu viral dan ditonton lebih dari 23 juta kali. Dalam video barunya, Keck memperlihatkan dirinya membenamkan diri di dunia maya menjadi reptil melata yang tengah berburu apel segar. Ia merangkak sepanjang halaman rumput saat bermain game.

Nokia ingin para gamer melakukan hal yang sama dan telah mengundang mereka untuk berbagi lokasi-lokasi aneh di mana mereka memainkan game AR menggunakan hashtag #imasnake2. Gim ini terdiri dari dua versi, yakni Filter Snake Mask dan Snake Real World. Efek kamera ini bisa didapatkan melalui Facebook Camera dan sudah tersedia untuk semua, tidak hanya untuk smartphone Nokia. Gim tersebut juga hadir baik untuk Android maupun IOS. Cara bermain Snake Mask adalah:

1. Buka aplikasi Facebook
2. Klik ikon camera di atas kiri untuk membuka Facebook Camera
3. Cari filter Snake Mask
4. Klik start untuk mulai bermain!