Instagram Berbahaya Buat Remaja

Ilustrasi tampilan Instagram (Pictagram)
07 Agustus 2018 20:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Instagram merupakan media sosial yang dianggap berbahaya bagi generasi muda. Seperti diketahui, para remaja menghabiskan banyak waktu untuk berselancar di media sosial, khususnya Instagram. Berbagai foto dan video menarik bisa diakses dengan mudah di Instagram.

Dilansir Telegraph, Selasa (7/8/2018), hasil penelitian terbaru menyebutkan konten Instagram membahayakan para remaja. Sebab, para remaja cenderung meniru apa yang ditonton tanpa berpikir panjang. Periset menemukan fakta kasus bunuh diri meningkat akibat beredarnya video viral yang gampang diakses melalui media sosial.

Tokopedia

Instagram memang memberikan peringatan pada video berkonten sensitif. Namun, pengguna bisa tetap menontonnya dengan mudah. Itulah sebabnya penggunaan Instagram di kalangan remaja semestinya dibatasi.

"Remaja merupakan kalangan yang paling mudah terkena dampak negatif dari Instagram. Mereka cenderung mengikuti tren yang ada di media sosial tanpa berpikir panjang. Kondisi ini bakal sangat membahayakan jika anak-anak meniru langsung apa yang mereka lihat," kata perwakilan lembaga perlindungan anak-anak di Inggris, NSPCC, Andy Burrows.

Seorang psikolog dari Royal College of Psychiatrists, Inggris, Louise Theodosiou, mengatakan, salah satu dampak negatif yang ditimbulkan dari Instagram adalah tindakan melukai diri sendiri. "orang-orang dengan mudah melihat foto yang menunjukkan tindakan menyakiti diri sendiri. Anak-anak yang belum mengerti akan dengan mudah mengikuti tindakan semacam itu. Bahkan, dalam kasus tertentu mereka mengikuti cara bunuh diri yang direkam dalam sebuah video viral," kata Louise Thedosiou.

Nah, agar terhindar dari hal-hal buruk tersebut, semestinya penggunaan Instagram dan media sosial lainnya di kalangan remaja semestinya dibatasi dan diawasi oleh orang dewasa. Sesekali dampingi dan bimbing anak ketika berselancar di dunia maya.