Perusahaan Medsos Blokir Akun Biang Kerok AS Alex Jones

Alex Jones (Deadline.com)
08 Agustus 2018 10:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Nama Alex Jones mendadak populer di media sosial. Hal itu terjadi setelah Youtube memblokir saluran pribadi milik Alex Jones karena dianggap telah melanggar kebijakan layanan. Bukan cuma Youtube, sebelumnya Facebook juga telah menghapus empat laman milik Alex Jones.

Lima dari enam situs yang dioperasikan Alex Jones juga diblokir oleh Apple. Tak ketinggalan, Spotify ikut memblokir program yang dikelola oleh Alex Jones. Lantas, siapakah sosok Alex Jones sebenarnya yang membuat marah sejumlah persahaan media sosial?

Tokopedia

Dikutip dari CNBC, Selasa (7/8/2018), Alex Jones, 44, merupakan tokoh kontroversial asal Amerika Serikat. Dia dikenal sebagai penyebar hoaks dan ujaran kebencian. Beberapa waktu lalu, dia menyebut penembakan di salah satu sekolah dasar (SD) di Amerika Serikat tidak pernah terjadi. Padahal, peristiwa memilukan itu memakan 28 korban jiwa yang sebagian besar anak-anak.

Berbagai kabar menyesatkan yang dibagikan Alex Jones itu dianggap membahayakan. Apalagi dia seringkali menebar ujaran kebencian yang memengaruhi pengguna media sosial lainnya. Oleh sebab itu, beberapa perusahaan teknologi raksasa memblokir akun milik Alex Jones agar tidak meresahkan. Sebab, di balik sikapnya yang kontroversial ternyata dia memiliki banyak pendukung.

Pemblokiran terhadap akuin Alex Jones dilakukan sebagai salah satu upaya menekan persebaran hoaks yang marak di media sosial. Meski demikian, ada sejumlah pihak yang menentang pemblokiran tersebut. Mereka menganggap platform media sosial itu menghalangi kebebasasan berpendapat dan melanggar undang-undang di Amerika Serikat.

Walau tidak memiliki akun media sosial lagi, Alex Jones masih bisa berinteraksi melalui beberapa situs yang dioperasikan secara mandiri. Para pendukungnya pun dengan bebas membagikan kiriman milik Alex Jones ke media sosial.