Startup Kita: Teman Belajar Berawal Privat

Capture Teman Belajar (Istimewa)
08 Agustus 2018 03:00 WIB IDSF Solo Teknologi Share :

StartupKita merupakan hasil kerja sama Solopos.com dengan Indonesia Start Up Founder (IDSF) Chapter Solo. IDSF Solo merupakan komunitas yang beranggotakan pegiat start up di wilayah Soloraya.

Solopos.com, SOLO -- Sejak bangku kuliah, Bagas Utomo Putro telah menunjukan ketertarikannya di dunia pendidikan. Saat itu ia telah mengajar privat kepada beberapa siswa di Solo.

Selain itu, ia juga aktif di berbagai kegiatan sosial dan pendidikan seperti menginisiasi teman-teman Himpunan di kampus untuk mengajar di dusun binaan.

Berawal dari pengalaman tersebut, ia pun mengajak dua orang rekannya untuk mendirikan startup bernama Teman Belajar. Sebuah layanan yang menawarkan kemudahan mencari guru les privat berbasis website dan aplikasi.

Tujuan Teman Belajar yaitu memfasilitasi kebutuhan para orang tua yang memiliki keterbatasan waktu dalam pencarian tenaga pendidik yang berkulitas bagi anak mereka.

Selain itu, permasalahan klasik yang dialami mahasiswa lulusan keguruan atau guru honorer adalah sulit mendapatkan pekerjaan yang layak. Permasalahan kesejahteraan guru honorer ini memang permasalahan yang klasik, dengan adanya Teman Belajar kami berharap dapat membantu meningkatkan kesejahteraan guru honorer.

Website teman-belajar.com diluncurkan pada bulan Januari 2018. Sampai saat ini lebih dari 250 pengajar telah bergabung dengan Teman Belajar.

Mereka tersebar di wilayah Solo, Karanganyar, Sukoharjo, Boyolali dan Klaten. Latar belakang para pengajar di Teman Belajar adalah mahasiswa S1 dan S2 maupun lulusan S1 dan S2 dari berbagai Universitas seperti UNS, UGM, UI dan UMS.

Pengajar yang tersedia merupakan pengajar yang telah terverifikasi melalui sistem. Jika ada siswa yang tidak cocok dengan pengajar yang telah dipilih, mereka bisa meminta untuk ganti tentor yang sesuai dengan gaya belajarnya.

Dengan Teman Belajar orang tua dapat dengan mudah mencari guru les privat untuk anak mereka. Selain les mata pelajaran, pengguna juga dapat mencari les pada bidang lain seperti les renang, les gitar, les piano, les computer, les mengaji dan berbagai bidang lainnya.

Teman Belajar juga menyediakan fasilitas konseling/coaching bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar dan rapor evaluasi belajar yang dapat digunakan untuk memantau perkembangan hasil belajar selama mengikuti sesi les privat.

“Saat ini kami sedang melakukan proses development aplikasi supaya lebih memudahkan pengguna dan kami juga berencana untuk memperluas layanan kami ke kota-kota lain,” ucap Bagas.