Resmi Dirilis, Ini Harga dan Spesifikasi Nokia 1

Ponsel Nokia 1 (Ndtv.com)
08 Agustus 2018 15:45 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Persaingan di pasar smartphone kelas menengah ke bawah semakin sengit. HMD Global selaku pemegang merek dagang Nokia merilis produk terbaru, Nokia 1. Ponsel pintar dari Nokia ini menjadi perangkat yang Android Go pertama yang masuk ke Indonesia.

Dikutip GSM Arena, Rabu (8/8/2018), smartphone Nokia 1 didesain dengan ukuran minimalis dengan ukuran layar 4,5 inchi. Ponsel yang mengusung Android 8.1 Oreo (Go edition) itu dibekali chipset Mediatek MT6737M. Adapun kapasitas memori internalnya 8GB dengan RAM 1GB.

Soal kamera, ponsel Nokia 1 cenderung standar. Kamera depannya beresolusi 8MP sedangkan kamera selfie-nya 2MP. Ponsel ini diperkuat dengan baterai berkapasitas 2.150 mAh. Meski demikian, ponsel ini diklaim dapat memberikan pengalaman smartphone 4G premium yang bisa dijangkau dengan harga murah meriah.

Dikutip dari Okezone, Nokia 1 diklaim memiliki kualitas tinggi yang memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Meski baterainya hanya 2.150 mAh, ponsel tersebut mampu bertahan sehari penuh. Nokia 1 memiliki bezel yang cukup lebar serta bakal hadir dalam balutan warna merah dan hitam. Perangkat ini diperkirakan hadir dengan harga murah untuk menjangkau pasar kelas bawah.

Nokia 1 dengan OS Android Go dijual di negara-negara berkembang. Khusus di Indonesia, ponsel ini dibanderol seharga Rp999.000. Android Go bahkan bisa berfungsi pada perangkat dengan memori di bawah 1GB. Namun, mengingat perangkat yang berjalan dengan Android Go, semua aplikasi yang diinstal adalah aplikasi ‘lite’, atau memiliki memori yang kecil, ambil contoh seperti Youtube Go, Facebook Lite dan Twitter Lite.

Bahkan, browser Chrome di Android Go memiliki fitur Data Saver di mana tetap bisa menge-load banyak laman namun tidak mengonsumsi data secara boros. Fitur Android Go yang bisa dimanfaatkan adalah kemudahan pengguna ketika mendapatkan gambaran sebelum melakukan streaming video. Asyiknya lagi, pengguna bahkan bisa mengunduh video saat terhubung via Wi-Fi dan bisa menontonnya secara offline.

Nantinya, smartphone terjangkau yang akan menggunakan Android Go akan hadir dengan Google Play Store edisi ekonomis. Saat pertama kali membuka Play Store, mereka akan langsung disuguhkan deretan aplikasi irit data yang bisa langsung dipasang di smartphone.