Google Doodle Rayakan Ultah ke-27 Taman Nasional Bunaken

Tampilan Google Doodle dalam memperingati HUT ke/27 Taman Nasional Bunaken. (Google)
14 Agustus 2018 12:30 WIB Ginanjar Saputra Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO — Google Doodle memiliki tampilan halaman utama yang menunjukkan beberapa spesies laut, Selasa (14/8/2018). Google Doodle dengan tampilan seperti itu ternyata untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-27 Taman Nasional Bunaken.

"Ulang Tahun ke-27 Taman Nasional Bunaken," begitu pernyataan yang terdapat pada Google Doodle. Jika Google Doodle diklik, maka Google akan menunjukkan semua informasi tentang Taman Nasional Bunaken.

Dikutip Solopos.com dari Wikipedia.org, Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Manado, Sulawesi Utara, Indonesia. Taman nasional yang hari jadinya juga diperingati Google Doodle tersebut terletak di Segitiga Terumbu Karang, menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut.

Di wilayah Taman Nasional Bunaken, terdapat 22 desa dengan jumlah penduduk sekitar 35.000 jiwa. Kebanyakan dari mereka bekerja sebagai nelayan atau petani kelapa, ubi jalar, pisang, dan rumput laut untuk diekspor. Sebagian lainnya bekerja sebagai pemandu dan nakhoda kapal.

Taman Nasional Bunaken secara resmi didirikan pada 1991 dan merupakan salah satu taman laut pertama Indonesia. Pada 2005, Indonesia mendaftarkan taman nasional ini ke UNESCO untuk dimasukan ke dalam Situs Warisan Dunia.

Meskipun memiliki status taman nasional dan mendapat pendanaan yang cukup, taman ini mengalami degradasi kecil akibat penambangan terumbu karang, kerusakan akibat jangkar, penggunaan bom dan sianida dalam menangkap ikan, kegiatan menyelam dan sampah. Hal itu memicu World Wildlife Fund (WWF) memberikan bantuan konservasi sebagai bagian dari "Sulu Sulawesi Marine Eco-region Action Plan". Konservasi yang meliputi patroli berhasil mengurangi penggunaan bom dalam menangkap ikan di Taman Nasional Bunaken.