Ratusan Akun Diretas, Instagram Janji Tingkatkan Fitur Keamanan

Ilustrasi penggunaan Instagram (The Wern)
16 Agustus 2018 16:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Ratusan akun Instagram telah diretas yang menyebabkan para pengguna kehilangan akses. Mereka kehilangan nama akun, foto profil, kata sandi, serta alamat surat elektronik. Peretas yang tidak diketahui identitasnya itu berhasil membobol sejumlah akun dan mengubah alamat e-mail dengan domain Rusia.

Instagram menanggapi keluhan pengguna yang diretas lewat cuitan di akun Twitter, Selasa (14/8/2018). Mereka memberikan solusi kepada pengguna untuk memulihkan akun mereka. "Kami sadar beberapa pengguna kesulitan mengakses akun Instagram. Jika Anda mengalami masalah tersebut, silakan ikuti panduan ini untuk memulihkan akun," terang Instagram.

Dikutip dari Mashable, Kamis (16/8/2018), Instagram bakal mengirim notifikasi ke alamat e-mail asli pengguna apabila ada penggantian yang dilakukan oleh peretas. Selanjutnya, mereka meminta pengguna mengganti kata sandi.

Instagram juga berjanji meningkatkan kinerja fitur keamanan otentifikasi dua faktor. Sampai saat ini, Instagram masih mengandalkan SMS untuk menjalankan fitur keamanan tersebut. Sayangnya, fitur keamanan itu masih terlalu lemah. Jadi, Instagram bakal memperbaiki fitur keamanan demi kenyamanan pengguna.