Lomba Balap Karung Nongol di Google Doodle

Google Doodle spesial Kemerdekaan RI (Google)
17 Agustus 2018 14:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Tampilan Google hari ini, Jumat (17/8/2018), terlihat berbeda dari biasanya. Seperti biasa, perusahaan mesin pencari ini menghadirkan doodle khusus untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Indonesia.

Google memang selalu memeriahkan berbagai momen penting di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Kali ini, Google menampilkan doodle khusus bergambar tiga anak yang terlihat sedang berlomba balap karung.

Di bawahnya terdapat tulisan Google disertai bingkai berwarna merah putih, seperti bendera Indonesia. balap karung merupakan salah satu perlombaan yang digelar untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Dikutip dari berbagai sumber, permainan bermodal karung goni tersebut dilakukan untuk mengingat betapa sulitnya bangsa Indonesia semasa zaman penjajahan Jepang.

Masyarakat Indonesia kala itu mengenakan pakaian yang terbuat dari karung goni. Sementara dalam lomba balap karung, karung goni diinjak-injak sebagai simbol bangsa Indonesia tidak mau lagi dijajah seperti dulu kala.

Orang yang mengikuti lomba balap karung sering kali terjatuh dan harus bangkit lagi untuk menyelesaikan tantangan. Jatuh bangun itu merupakan gambaran semangat pantang menyerah masyarakat Indonesia sehingga berhasil merdeka.

Dalam beberapa tahun terakhir, Google selalu menampilkan ilustrasi bertema kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus. Pada 2017 lalu, Google memperlihatkan gambar tiga orang pengibar bendera (paskibra). Sementara pada 2015, Google menampilkan gambar Tugu Proklamasi.