Perlukah Aplikasi Penghemat Baterai di Smartphone?

Ilustrasi aplikasi penghemat daya baterai (Youtube)
17 Agustus 2018 22:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Baterai smartphone memang seringkali terkuras. Hal ini disebabkan karena banyaknya aplikasi yang dibiarkan tetap bekerja di latar belakang, pemakaian berlebihan, dan daya baterai yang minim. Guna mengatasi hal tersebut, pengguna smartphone seringkali memasang aplikasi penghemat daya baterai.

Tetapi, kenyataannya aplikasi penghemat daya baterai tidak bisa bekerja maksimal seperti yang diharapkan. Kebanyakan orang memasang aplikasi tersebut dengan tujuan baterai awet sehingga smartphone menyala lebih lama. Namun, pada kenyataannya aplikasi itu seolah tidak memiliki efek apapun pada ponsel. Nah, sebenarnya perlukah memasang aplikasi penghemat daya baterai?

Dikutip dari Express, Jumat (17/8/2018), semua aplikasi penghemat daya baterai sebenarnya tidak berfungsi seperti semestinya. Dengan kata lain, aplikasi ini justru membuat daya smartphone semakin terkuras. Mengapa demikian?

Aplikasi penghemat daya baterai memang sering memberikan notifikasi jika suhu smartphone panas atau dayanya sudah hampir habis. Namun, aplikasi itu juga yang menjadi salah satu penyebab masalah tersebut. Apalagi aplikasi itu berjalan saat smartphone terkoneksi Internet.

Daya baterai smartphone bakal terkuras karena dipaksa menjalankan banyak aplikasi. Jadi, mulai sekarang pilah aplikasi mana yang benar-benar dibutuhkan dan hapus yang tidak perlu. Pastikan suhu ponsel tidak terlalu panas karena baterai bakal semakin terkuras. Jika sudah panas, sebaiknya biarkan ponsel beristirahat sejenak. Jangan terus dipakai apalagi sampai disambungkan ke kabel charger karena berisiko meledak. 

Tokopedia