Tips Foto Gunakan Fitur HDR Smartphone

Memotret dengan kamera smartphone (Pictagram)
24 Agustus 2018 19:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Kamera saat ini menjadi barang yang dimiliki hampir semua orang. Betapa tidak, setiap ponsel pintar selalu dilengkapi dengan kamera cerdas yang bisa menjepret gambar berkualitas terbaik. Namun, fitur kamera canggih itu harus diimbangi dengan kemampuan memotret yang mumpuni.

Lihat saja, masih banyak orang yang mengeluhkan foto hasil jepretannya jelek meski diambil dengan kamera beresolusi tinggi. Hasil jepretan gambar yang kurang maksimal ini disebabkan oleh ketidaktahuan pengguna tentang berbagai fitur di kamera ponsel pintar, seperti HDR.

Dikutip dari Digital Trends, Jumat (24/8/2018), HDR merupakan singkatan dari high dynamic range. HDR merupakan perbedaan antara elemen gambar yang paling terang dan gelap. Fitur ini dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi jika dinyalakan. Namun, fitur tersebut tidak bisa dipakai untuk semua foto.

Fitur HDR sebaiknya dipakai untuk menjepret objek statis. Butuh waktu cukup lama untuk mendapatkan gambar terbaik dengan fitur HDR. Fitur ini bekerja dengan baik dalam bidikan statis dan teknik pengambilan gambar yang statis.

Perhatikan cahaya di sekitar objek yang hendak dijepret. Pencahayaan adalah salah satu aspek penting yang menentukan hasil foto. HDR dapat menyeimbangkan cahaya sehingga menghasilkan gambar terbaik. Jika cahaya terlalu terang, maka fitur HDR akan membantu meredupkannya. Namun, jika cahaya terlalu gelap, HDR bakal meningkatkan kecerahan. Lalu, bagaimana cara menjepret gambar menggunakan fitur HDR?

Pastikan Anda berada di posisi paling nyaman saat mengambil gambar, khususnya jika objek bergerak. Ketuk dan tahan layar ponsel sampai kamera mendapatkan fokus pada objek yang diinginkan. Kemudian, ketuk ikon kamera untuk menjepret dan tahan tangan dalam posisi tersebut selama beberapa detik. Usahakan tangan tidak bergerak karena akan menghasilkan gambar yang kabur.

Perhatikan pula warna yang dalam gambar yang hendak dijepret. Mengaktifkan fitur HDR seringkali membuat warna terang pada objek menjadi norak ketika dilihat dalam gambar. Jadi, sebelum menjepret tentukan terlebih dahulu titik fokus yang hendak diambil.

Tokopedia