Beredar Apk Palsu Game Fortnite di Android

Game Fortnite. (Istimewa - Youtube)
27 Agustus 2018 00:45 WIB Newswire Teknologi Share :

Solopos.com, LOS ANGELES - Epic Games meluncurkan Fortnite di platform IOS pada April 2018. Menariknya, pada bulan ini Fortnite sudah bisa dimainkan untuk pengguna Android yang diawali dengan tersedianya di perangkat Samsung Galaxy Note 9.

Dilansir Neowin, Sabtu (25/8/2018) game tersebut diketahui tidak tersedia di Play Store. Hal ini lantaran Epic Game, menghindari pembayaran sebesar 30% dalam pembelian aplikasi kepada Google. Namun sayangnya, Google dikabarkan telah mengidentifikasi adanya masalah keamanan yang sangat serius dalam pengunduhan Fortnite dalam bentuk apk.

Google Issue Tracker mencatat bahwa "Aplikasi apa pun dengan izin WRITE_EXTERNAL_STORAGE dapat menggantikan APK segera setelah unduhan selesai dan sidik jari diverifikasi. Hal ini mudah dilakukan dengan menggunakan FileObserver. Penginstal Fortnite akan melanjutkan untuk menginstal APK yang diganti (palsu).

Kemudian, penginstal Fortnite akan melakukan pemasangan APK secara diam-diam melalui API Apps Galaxy pribadi. API ini memeriksa bahwa APK yang diinstal memiliki nama com.epicgames.fortnite. Akibatnya APK palsu dengan nama paket yang sama dapat dipasang secara diam-diam.

Menanggapi hal tersebut, pihak Epic Games pun menghargai upaya Google untuk melakukan audit keamanan yang mendalam terhadap Fortnite segera setelah rilis di Android,

“Kami berharap Google membagikan hasilnya dengan Epic sehingga kami dapat dengan cepat mengeluarkan pembaruan untuk memperbaiki kekurangan yang mereka temukan,” kata CEO Epic Games, Tim Sweeney.

Sumber : Okezone