Youtube Makin Dibanjiri Iklan

Ilustrasi menonton Youtube (Youtube)
28 Agustus 2018 02:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Youtube menjadi media sosial terpopuler yang cukup banyak diakses. Hal ini tak lepas dari kebiasaan generasi milenial yang lebih senang menonton video di Youtube daripada siaran televisi. Sebab, menonton video di Youtube jarang terganggu iklan seperti pada siaran televisi.

Tetapi, kenikmatan menonton video di Youtube tanpa iklan itu segera berakhir. Sebab, Youtube berencana mengubah pengaturan iklan di Youtube. Sebelumnya, pengguna bisa melewati iklan yang dianggap mengganggu setelah beberapa detik. Namun, dalam aturan terbaru, iklan tersebut kabarnya tidak bisa dilewati seperti biasanya.

Dikutip dari The Verge, Senin (27/8/2018), perubahan ketentuan Youtube tentang iklan itu kabarnya bakal diterapkan dalam pekan ini. Namun, hanya akun milik kreator tertentu saja yang iklannya tidak bisa dilewati (non-skippable). Pengiklan biasanya membayar lebih besar kepada konten kreator yang memiliki banyak pelanggan.

Nantinya, iklan yang tidak bisa dilewati itu bakal bertambah banyak. Ini merupakan cara dari Youtube memberikan lebih banyak keuntungan kepada para konten kreator. Youtube juga menambahkan fitur yang memungkinkan kreator menghapus atau menambahkan iklan yang dikehendaki secara mandiri. Adapun durasi iklan tersebut kabarnya sekitar 20 detik.

Kreator bakal mendapat notifikasi jika Youtube telah menerapkan kebijakan baru tersebut. Meski demikian, kreator memiliki kendali atas iklan jenis apa yang hendak ditayangkan dalam video mereka. Kreator juga bisa memblokir pengiklan tertentu. Kinerja iklan yang tidak bisa dilewati ini bisa dipantau lewat analytics Youtube.

Tokopedia