Begini Cek Keaslian Akun Instagram

Profil Instagram (Upserve)
29 Agustus 2018 18:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Instagram terus melakukan perubahan pada platform-nya. Kali ini, setiap pengguna memiliki akses untuk mengevaluasi keaslian akun. Perubahan ini hadir setelah induk perusahaan Instagram, Facebook, meluncurkan fitur serupa. Fitur tersebut dirilis sebagai upaya menghapus akun palsu.

Dilansir Reuters, Rabu (29/8/2018), fitur tentang akun ini memungkinkan pengguna Instagram melihat iklan yang dijalankan di suatu akun. Fitur ini juga bisa melihat akun tersebut berada di negara mana. Bahkan, Anda bisa melihat perubahan nama pengguna dalam setahun terakhir, lengkap dengan perinciannya.

Fitur anyar dari aplikasi berbagi foto itu sengaja diluncurkan untuk mengatasi banyaknya akun palsu. Selama ini memang banyak akun palsu yang tersebar di Instagram. Biasanya, akun tersebut dibuat untuk menyebarkan hoaks yang memancing kehebohan.

"Kami berniat menjaga pengguna dari orang-orang yang berniat buruk. Kami memberikan akses kepada pengguna untuk mengetahui keaslian akun yang diikuti. Dengan demikian, interaksi antar-pengguna Instagram bakal berjalan lancar tanpa ada bahaya," terang Co-Founder dan Chief Technology Officer Instagram, Mike Krieger.

Instagram juga memungkinkan penggunaan aplikasi pihak ketiga seperti Duo Mobile dan Google Authenticator, untuk melakukan otentikasi dua faktor. Cara ini dilakukan untuk melindungi pengguna dari kejahatan siber. Dengan begini, pengguna bisa masuk dengan aman ke akun masing-masing lewat aplikasi pihak ketiga.

Tokopedia